Indeks Kepuasan Pasien terhadap Pelaksanaan Discharge Planning oleh Perawat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit

Asmuji Asmuji, Faridah Faridah

Abstract


Latar Belakang dan Tujuan: Kepuasan pasien merupakan cermin kualitas pelayanan kesehatan yang mereka terima. Pelayanan penting yang dapat menjadi faktor penentu kepuasan pasien adalah pelayanan persiapan pemulangan (discharge planning). Discharge planning merupakan kegiatan yang  dilakukan oleh tenaga kesehatan guna menyiapkan pasien agar mampu melakukan tindakan mandiri pada waktu sudah keluar rumah sakit. Tujuan penelitian ini mengidentifikasi indeks kepuasan pasien terhadap pelaksanaan discharge planning oleh perawat. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional yang dilakukan di ruang rawat inap kelas I, II, dan III dua rumah sakit di Kabupaten Jember dengan sampel sebanyak 60 responden diambil secara purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil: Rata-rata nilai harapan pada rumah sakit I adalah 3,6690 dengan rata-rata nilai kenyataan 3,0130. Rata-rata nilai harapan pada rumah sakit II adalah 3,5510 dengan rata-rata nilai kenyataan 2,9730. Indeks kepuasan pasien di rumah sakit I antara harapan dan kenyataan terdapat selisih 0,656 dan di rumah sakit II selisihnya 0,578. Hasil uji statistik (t-test) menunjukkan adanya perbedaan rata-rata nilai harapan dan kenyataan, baik di rumah sakit I (p value = 0,004; α.= 0,05) maupun di rumah sakit II (p value = 0,016; α.= 0,05). Simpulan dan Implikasi: Pelaksanaan discharge planning masih belum menjadi budaya yang mengakar pada diri tenaga kesehatan termasuk perawat, sehingga pelaksanaannya belum maksimal dan belum dapat memberikan rasa puas kepada pasien sebagai penerima layanan. Dengan demikian rumah sakit wajib menetapkan kebijakan yang mengatur tentang discharge planning.

 


Keywords


Discharge planning; Kepuasan pasien, Rawat inap

Full Text:

PDF

References


Adulkader, N. M., & Triana, B. E. G. (2013). Physician satisfaction with hospital clinical laboratory services in Aden Governorate, Yemen, 2009. Eastern Mediterranean Health Journal; Alexandria, 19(6), 555–60.

Asmuji. (2014). Manajemen Keperawatan: Konsep & Aplikasi. (Nurhid, Ed.) (3rd ed.). Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Bahari, M. B., & Ling, Y. W. (2010). Factors contributing to customer satisfaction with community pharmacies in Malaysia. Journal of Public Health; Heidelberg, 18(1), 35–41.

Bastable, S. B., Wulandari, G., Widiyanto, G., & Widyastuti, P. (2002). Perawat sebagai pendidik : prinsip-prinsip pengajaran dan pembelajaran (Nurse as educator : principles of teaching and learning). Jakarta: EGC.

Beck, E. J., Griffith, R., Fitzpatrick, R., & Mandalia, S. (1999). Patient satisfaction with HIV service provision in NPMS hospitals: The development of a standard satisfaction questionnaire. AIDS Care; Abingdon, 11(3), 331–43.

Bowman, K. F., Rose, J. H., & Kresevic, D. (1998). Family Caregiving of Hospitalized Patients. Journal of Gerontological Nursing; Thorofare, 24(8), 8–16.

Harrykisson, D. (2003). The effects of access, communication, and customer service on member satisfaction with health care in a federal managed care plan. Walden University.

Hochberger, J. M. (1995). A Discharge Check List for Psychiatric Patients. Journal of Psychosocial Nursing & Mental Health Service; Thorofare, 33(12), 35–38.

Holliman, D., Dziegielewski, S. F., & Teare, R. (2003). Differences and Similarities Between Sosial Work and Nurse Discharge Planners. Health & Social Work, 28(3), 224.

Koné Péfoyo, A. J., & Wodchis, W. P. (2013). Organizational performance impacting patient satisfaction in Ontario hospitals: a multilevel analysis. BMC Research Notes; London, 6, 509.

Kullberg, A., Sharp, L., Johansson, H., Brandberg, Y., & Bergenmar, M. (2017). Patient satisfaction after implementation of person-centred handover in oncological inpatient care - A cross-sectional study. PLoS One; San Francisco, 12(4).

Kuspriyadi. (2007). No Title. Retrieved January 12, 2018, from www.medscape.com

Luthy, C., Gerstel, P. F., Pugliesi, A., Piguet, V., & Allaz, A.-F. (2017). Bedside or not bedside: Evaluation of patient satisfaction in intensive medical rehabilitation wards. PLoS One; San Francisco, 12(2).

Mayasari, D., & Pratiwi, A. (2009). Hubungan respon imun dan stres dengan tingkat kekambuhan demam tifoid pada masyarakat di Wilayah Puskesmas Colomadu Karanganyar. Jurnal Berita Ilmu Keperawatan, 2(1), 13–18.

Mfinangga, S. G. et al. (2008). Patient’s dissatisfaction with the public and private laboratory services in conducting HIV related testing in Tanzania. BMC Health Services Research, 8, 167–171.

Mukhopadhyay, A., Song, G., Sim, P. Z., Kit, C. T., & Jeffrey, K. S. Y. (2016). Satisfaction domains differ between the patient and their family in adult intensive care units. BioMed Research International; New York.

Muninjaya, A. A. G. (2011). Manajemen mutu pelayanan kesehatan. (J. Suyono & L. Indra, Eds.). Jakarta: EGC.

Oliveras, E., Larsen, U., & David, P. H. (2005). Client satisfaction with abortion care in three Russian Cities. Journal of Biosocial Science; Cambridge, 37(5), 585–601.

Perry, A. G., & Potter, P. A. (2006). Clinical nursing skills & tecnique (6th ed.). Missouri: Mosby Inc.

Ping, L. L., & Ahmad, U. N. U. (2015). A Conceptual Analysis of Nurses’ Customer-Oriented Behavior, Job Satisfaction and Affective Commitment in Malaysia. International Journal of Caring Sciences; Nicosia, 8(3), 774–782.

Prasetyo, D. H. (2006). Psikoneuroimunologi untuk keperawatan (2nd ed.). Surakarta: UNS Press.

Rasmun. (2004). Stres, koping, dan adaptasi. Jakarta: Agung Seto.

Sofaer, S., & Firminger, K. (2005). Patient perceptions of the quality of health service. Annual Review of Public Health; Palo Alto, 26, 513–59.

Sun, N., Burnside, G., & Harris, R. (2010). Patient satisfaction with care by dental therapists. British Dental Journal ; London, E9(discussion), 212–3.

Tin-Oo, M. M., Saddki, N., & Hassan, N. (2011). Factors influencing patient satisfaction with dental appearance and treatments they desire to improve aesthetics. BMC Oral Health; London, 11, 6.

Wang, Y., Dong, W., Mauk, K., Li, P., & Wan, J. (2015). Nurses’ Practice Environment and Their Job Satisfaction: A Study on Nurses Caring for Older Adults in Shanghai. PLoS One; San Francisco, 10(9).

Waspodo. (n.d.). All about stress. Retrieved January 12, 2018, from www.allaboutstress.com

WHO. (2000). Client satisfaction evaluations (Workbook 6). Geneva: WHO.




DOI: https://doi.org/10.32528/ijhs.v12i1.4853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats