Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Audio Visual Terhadap Perilaku Bullying Anak Usia Sekolah

dini tryastuti

Abstract


Bullying adalah perilaku kekerasan yang sering dilakukan oleh individu atau kelompok terhadap individu yang lemah. Perilaku bullying dapat memberikan dampak negatif baik bagi pelaku maupun korban. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pendidikan kesehatan melalui media audio visual dalam mengurangi perilaku bullying pada anak usia sekolah dasar. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimen pre post test tanpa kontrol. Sampel penelitian terdiri dari 40 siswa SD yang menjadi pelaku bullying di Kelurahan Curug Kecamatan Cimanggis Kota Depok. Sampel penelitian dipilih dengan teknik random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah dependen t-test. Ditemukan adanya perbedaan yang signifikan dalam penurunan perilaku bullying sebelum dan sesudah intervensi (p 0,021) dengan α 0,05. Penelitian ini dapat menjadi alternatif untuk mengurangi perilaku bullying di sekolah dasar.


Keywords


Anak Usia Sekolah; Edukasi Kesehatan; Perilaku Bullying

Full Text:

PDF

References


Arief, S., & Sadiman. (2016). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan pemanfaatan. Jakarta: Pustekom Dekbud.

Farrington, D. P., & Ttofi, M.M. (2014). School-bases programs to reduce bullying and victimization. Campbell Systematic Reviews, 6, 1-148.

Finiswati, E., & Matulessy, A. (2018). Kecenderungan melakukan bullying ditinjau dari jenis kelamin dan urutan kelahiran pada santri di Pondok Pesantren. Fenomena, 27(1), 13–23. https://doi.org/10.30996/fn.v27i1.1479

Fithriyana, R. (2018). Hubungan Bullying Dengan Lingkungan, Sosial Ekonomi Dan Prestasi Pada Siswa Sdn 006 Langgini. Jurnal Basicedu, 1(1), 89–95.https://doi.org/10.31004/basicedu.v1i1.19

Friedman, MM., Bowden, V.R.,& Jones, E.G. (2010). Keperawatan keluarga: Studi, teori dan praktik (Achir Yani, et. Al, Penerjemah). Jakarta: EGC.

Gysin, T & Thoemke, L (2011). Redoscovering Empathy : The Mit Press

Herawati & Sumiati. (2013). Pendidikan Kesehatan dalam Keperawatan. Jakarta : EGC.

Hidayati, Nurul (2012). Perilaku bullying; Alternatif dan Solusi. INSAN. 14 (1). 1-5.

Harris (2012). Class teaches student to cope anger. OSSC Report, 34(2), 1-6

Hermalinda. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku bullying anak. Journal Keperawatan soedirman. 12 (1). 5- 8.

Jan, M.S.A. (2015) Bullying in Elementary Schools: Its Causes and Effects on Students.Journal of Education and Practice 6 (1).43-57.

Jani (2014). Promosing strategies for reducing aggresion and bullying. Reclaiming Children & Youth, 13 (1) 51-53.

Juliantara. (2009). Media audio visual. Jakarta EGC.

Lidianti, M. (2013). Penyuluhan kesehatan komunitas terhadap kekerasan pada anak. Jakarta: Salemba Medika.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2014). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Papacostaa,S.E,Paradeisiotia, A. & Lazaroua, C. (2014) Bullying phenomenon and preventive programs in Cyprus’s school system.International Journal of Mental Health Promotion, 16(1), 67–80,

Pervin, K & Turner, A (2013). An investigatin into staff and pupil knowledge, attitudes, and beliefs about bullying in an inner city school. Pastoral care in education, 12, 16-22.

Rigby, K., & Slee, P. (2012). Dimension of interpersonal relation among Australian Children and implications for psychological well-being. Journal of Sosial Psychology, 133, 33-42.

Rogers (2011). A developmental theory of personality and behavior. London: Coustable.

Sugmalestari, A. N. O. R. (2016). NASKAH PUBLIKASI Disusun oleh: ANNISA NOR SUGMALESTARI201210201076. Hubungan Jenis Kelamin Dengan Perilaku Bullying Pada Anak Usia Sekolah Di, 3(2), 3–7.

Saraswati, Y., Suprihatiningsih, T., & Pranowo, S. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Bullying Dengan Metode Ceramah Menggunakan Leaflet Dan Lcd Terhadap Sikap Bullying Pelajar Smpn 4 Cilacap. April, 125–128.

Singgih, D. Gunarsa. 2012. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: Gunung Mulia.

Suryaningsieh, Wulan (2016). Pengaruh Pendidikan Kesehatan melalui media audiovisual terhadap perilaku bullying. Journal edukasi dan komunikasi,, 25 (3), 1-5

Tippet, N., Wolke,D. (2014). Socioeconomic status and bullying: a meta-analysis. American journal of public health, 104 (6): E48-e59.




DOI: https://doi.org/10.32528/ijhs.v13i2.4329

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats