MIND ADVANCING MOZARD; TERAPI PENINGKATAN KETERAMPILAN AFEKTIF, KOGNITIF, DAN PSIKOMOTORIK ANAK AUTIS

Naning Anggraini Putri, Nabila Nabila, Siska Helmiati Nur, Yeni Suryaningsih

Abstract


Autis merupakan kondisi seseorang yang didapatkan sejak lahir yang membuat dirinya tidak mampu berhubungan sosial atau komunikasi secara normal (Smart & Rose, 2010). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan dari musik mozard terhadap peningkatan aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik pada anak autis usia 6-12 tahun di SLB-B Bintoro Kabupaten Jember. Metode penelitian menggunakan metode quast eksperimen dengan instrumen penelitian menggunakan quisioneer dan form evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan P < 0,05 maka berarti H1 diterima yang artinya ada hubungan antara terapi musik mozard terhadap kemampuan pada aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik anak autis di SLB-B. Kesimpulan dari hasil penelitian didapatkan bahwa terapi musik mozard baik dijadikan sebagai terapi untuk meningkatkan keterampilan afektif, kognitif, dan psikomotorik anak autis

Keywords


Autis, Musik mozard, Aspek afektif, Aspek kognitif, Aspek psikomotorik

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. 2003. Psikologi Umum. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Delphie, Bandi. 2009. Pendidikan Anak Autis. Sleman: PT Intan Sejati Klaten.

Djohan. 2009.Psikologi Musik. Yogyakarta: Best Publisher

Goleman, Daniel. 1995. Emotional Intelligence. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Keliat, Budi A, dkk. 2014. Scanning Pengkajian Keperawatan Jiwa Lanjut. Depok: Universitas Indonesia

Maulana, Mirza. 2008. Anak Autis. Jogjakarta: Kata Hati

Rahyubi, Heri. 2012. Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajatan Motorik: Deskrisi dan Tinjauan Kritis. Jawa Barat. Referens

Safira,Triantoro. 2005. Autisme Pemahaman Untuk Hidup Bermakna Bagi Orang Tua. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wahyuningrum, Damayanti Ari. 2017. Pengaruh Terapi Musik Terhadap Perubahan Potensi Kreativitas Anak Autis. Malang: Jurnal Ilmu Keperawatan.




DOI: https://doi.org/10.32528/ijhs.v11i1.2238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats