STUDI PENDAHULUAN: RIWAYAT VAKSINASI BCG PADA PASIEN ANAK DENGAN TUBERKULOSIS PARU

Hendra Kurniawan

Abstract


Infeksi tuberkulosis (TB) masih menjadi masalah kesehatan global, termasuk di Indonesia. Peningkatan munculnya strain Mycobacterium tuberculosis yang luas, ekstrim, dan resisten terhadap obat telah menghambat upaya pemberantasan patogen ini sehingga menyebabkan morbiditas dan mortalitas yang signifikan. WHO telah memprioritaskan strategi baru untuk meningkatkan program vaksinasi yang lebih baik, namun kurangnya pemahaman tentang imunitas mikobakterial membuat sulit untuk mengembangkan vaksinasi baru. Saat ini, Mycobacterium bovis bacillus Calmette-Guerin (BCG) adalah satu-satunya vaksin yang diterima untuk digunakan dalam pencegahan infeksi TB. BCG sangat berpengaruh dalam mencegah TB meningeal dan milier, namun hanya efektif 60% terhadap perkembangan TB pada orang dewasa, dan berkurang/menurun seiring bertambahnya usia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain deskriptif eksploratif yang bertujuan mengidentifikasi riwayat vaksinasi BCG pada anak usia 0-14 tahun dengan infeksi TB di Wilayah Kerja Puskesmas Sukowono Jember. Hasil yang didapat pada penelitian ini adalah seluruh responden sebanyak 4 orang anak usia 0-14 tahun yang menderita infeksi TB dan memiliki riwayat vaksinasi BCG sebelumnya. Berdasarkan hasil studi pendahuluan ini, penelitian selanjutnya memerlukan area cakupan yang lebih luas sehingga dapat mengetahui lebih jelas efek atau hubungan vaksinasi BCG dengan kejadian infeksi TB pada anak dan/atau hubungannya dengan faktor pendukung lainnya seperti kondisi tempat tinggal atau infeksi penyerta, misal infeksi parasit khususnya cacing

Keywords


Tuberkulosis Paru, Vaksinasi BCG, Anak

Full Text:

PDF

References


Brandt, L. et al., 2002. Failure of the Mycobacterium bovis BCG vaccine: Some species of environmental mycobacteria block multiplication of BCG and induction of protective immunity to tuberculosis. Infection and Immunity, 70(2), pp.672–678.

Colditz, G.A. et al., 1994. Efficacy of BCG vaccine in the prevention of tuberculosis. Meta-analysis of the published literature. The Journal of the American Medical Association.

Fine, P.E.M., 1995. Variation in protection by BCG: implications of and for heterologous immunity. The Lancet.

Kaufmann, S.H.E. et al., 2010. New vaccines for tuberculosis. Lancet (London, England).

Moliva, J.I., Turner, J. & Torrelles, J.B., 2017. Immune Responses to Bacillus Calmette–Guérin Vaccination: Why Do They Fail to Protect against Mycobacterium tuberculosis? Frontiers in Immunology.

Moliva, J.I., Turner, J. & Torrelles, J.B., 2015. Prospects in Mycobacterium bovis Bacille Calmette et Gu??rin (BCG) vaccine diversity and delivery: Why does BCG fail to protect against tuberculosis? Vaccine.

RI, K.K., 2014. Pedoman Nasional Pengendalian Tuberkulosis, Jakarta: Kementerian Kesehatan RI




DOI: https://doi.org/10.32528/ijhs.v11i1.2237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats