PENGARUH TOUGHT STOPING THERAPY DAN PSIKOEDUKASI KELUARGA TERHADAP TANDA DAN GEJALA PADA KLIEN HIPERTENSI

Mad Zaini

Abstract


Seseorang yang mempunyai pengalaman hipertensi dapat mengalami masalah kesehatan mental. Tujuan dari penelitian ini adalah memaparkan aplikasi tought stoping dan psikoedukasi keluarga pada klien hipertensi. Metode yang digunakan adalah analisis kasus pada klien hipertensi. Jumlah klien yaitu 23 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi penurunan tanda dan gejala hipertensi serta peningkatan kemampuan untuk mengontrol hipertensi lebih tinggi pada klien yang mendapatkan dua terapi. Tought stoping dan psikoedukasi keluarga direkomendasikan sebagai intervensi keperawatan pada klien hipertensi.

Kata Kunci: Hipertensi, Tought Stoping Terapi, Psikoedukasi Keluarga


Full Text:

PDF

References


Agustarika, B. Keliat, B.A & Susanti, Y. (2009). pengaruh terapi thought stoping terhadap ansietas klien dengan gangguan fisik di rsud kabupaten sorong. tesis. tidak dipublikasikan.

Depkes RI. (2006). pedoman kegiatan perawat kesehatan masyarakat di puskesmas. jakarta: direktorat bina pelayanan keperawatan

Kaplan, norman m. (2002). kaplan’s clinical hypertension. 8th ed. philadelphia: lippincott williams & wilkins

Keliat, B.A. (2007). modul ic-cmhn. fakultas ilmu keperawatan universitas Indonesia

Kozier at al. (2007). fundamental nursing: concepts, process, and practice. eight edition. new jersey: pearson education, inc

Ponce. c. Costa, Ordonez n. Tiago, Silva B.L Thais. (2011). effects of a psychoeducational intervention in family caregivers of people with alzheimer’s disease. dement neuopsychol 2011 september, 5(3).226-237. http://www.demneuropsy.com.br/imagebank/pdf/v5n3a11.pdf

Sarafino, E.P. (2006). health psychology : biopsychosocial interactions. fifth edition.usa : john wiley & sons.

Sauceda. M, (2011), family psychoeducation for latino populations with mental illness living in the united states. university of medicine and dentistry of new jersey critical literature review and scientific writing-idst 6400




DOI: https://doi.org/10.32528/ijhs.v10i2.1860

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats