HUBUNGAN PERAN SUAMI DAN PETUGAS KESEHATAN DENGAN KETERATURAN ANTENATAL CARE (ANC) PADA IBU HAMIL TRIMESTER III DI PUSKESMAS ARJASA JEMBER

Sri Widya, Sri Utami, Fitriana Putri

Abstract


Peran suami adalah seorang pemimpin dan pelindung bagi istrinya denga mendidik, mengarahkan istri pada kebenaran. Petugas kesehatan, seseorang yang bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada individu, keluarga dan masyarakat. Antenatal Care (ANC) pemeriksaan kehamilan untuk mengetahui keadaan ibu dan janin secara berkala terhadap penyimpangan yang ditemukan pada ibu hamil. Metode yang digunakan adalah pendekatan Cross Sectional bertujuan untuk mengetahui hubungan peran suami dan petugas kesehatan pada keteraturan Antenatal Care (ANC) ibu hamil trimester III di Puskesmas Arjasa Jember. Populasi pada penelitian ini sebanyak 55 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi buku KIA. Hasil analisa data peran suami didapatkan nilai P Value: 0,003 artinya H1 diterima, dan peran petugas kesehatan didapatkan nilai P Value Fisher’s Exact Test: 0,002 artinya H1 diterima, ada hubungan peran petugas kesehatan pada keteraturan Antenatal Care (ANC) ibu hamil trimester III di Puskesmas Arjasa Jember. Ada hubungan peran suami dan peran petugas kesehatan pada keteraturan Antenatal Care (ANC) ibu hamil trimester III di Puskesmas Arjasa Jember. Dengan demikian optimalisasi peran suami dan petugas kesehatan sangat diperlukan untuk keteraturan ANC.

Kata kunci : Peran Suami; Peran Petugas Kesehatan;  Antenatal Care (ANC)


Full Text:

PDF

References


Bakri, M. H. (2017). Manajemen Keperawatan Konsep dan Aplikasi alam Praktik Keperawatan Profesional. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Departemen Kesehatan, (2016). Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan. (https://djsn.go.id diperoleh tanggal 25 Agustus 2018).

Hafidz, E. M., Kesehatan, D., & Jawa, P. (2007). Hubungan Peran Suami Dan Orang Tua Dengan Perilaku Ibu Hamil Dalam Pelayanan Antenatal Dan Persalinan Di Wilayah Puskesmas Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang, 2(2).

Indriyani, D. (2013). Keperawatan Maternitas Pada Area Perawatan Antenatal, Edisi 1, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Indriyanti dan Padila. (2014). Analisis Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kunjungan Antenatal Care. (https://jurnalonline.lppmdianhusada.ac.id, diperoleh pada tanggal 20 Januari 2019).

Maulana, M. (2008). Buku Pegangan Ibu Panduan dan Lengkap Kehamilan, Kata Hati, Yogyakarta.

Novita dan Franciska, (2011). Promosi Kesehatan dalam Pelayanan Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam, (2008). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Pedoman Skripsi, Tesis, dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Pangemanan, Jane M, (2014). Hubungan Antara Karakteristik Ibu Hamil dengan Pemanfaatan Pelayanan K1 dan K4. (http://fkm.unsrat.ac.id/, diperoleh pada tanggal 29 Januari 2018).

Yulistina, (2018). Peran Suami Selama Kehamilan. (https://bidanku.com, diperoleh tanggal 26 Mei 2018).




DOI: https://doi.org/10.32528/ijhs.v10i2.1858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats