GAMBARAN PELAKSANAAN TUGAS KESEHATAN KELUARGA PADA KELUARGA YANG MEMILIKI LANSIA HIPERTENSI DI DESA GLAGAHWERO KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBER

Indra Kurniawan, Tri Buana Ratnasari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan fungsi kesehatan keluarga yang sudah tua dengan hipertensi. Desain penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian dilakukan pada keluarga lanjut usia dengan hipertensi di Desa Glagahwero, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember. Total sampel adalah 8 orang yang diambil menggunakan teknik sampling aksidental yang dikumpulkan oleh kuesioner. Analisis ini menggunakan analisis univariat. Hasil penelitian menunjukkan deskripsi Family Ability untuk melakukan tugas kesehatan yang tinggi, 5 responden (62,5%). Ini berarti uraian dari penerapan fungsi kesehatan keluarga lansia dengan hipertensi tergolong tinggi. Hasil penelitian ini merekomendasikan layanan puskesmas untuk meningkatkan informasi kepada masyarakat, terutama keluarga dengan orang tua dengan hipertensi.

 

Kata kunci: Lansia, tugas kesehatan keluarga, hipertensi usia lanjut


Full Text:

PDF

References


Adib, M. 2009. Cara mudah memahami dan menghindari hipertensi, jantung, dan stroke. Yogyakarta: Dianloka.

Anggaraeni, Y. 2012. Super komplet pengobatan darah tinggi. Yogyakarta: Araska.

Fatimah, 2010. Merawat manusia lanjut usia. Jakarta: Trans info media.

Friedman, M.M., Bowden, V.R., & Jones, E.G. 2003. Family nursing, research, theory and practice. New Jersey: Prentice Hall.

Friedman. 2005. Keperawatan keluarga. Edisi 3. Jakarta: EGC.

Kemenkes RI, 2013. Gambaran kesehatan lansia di Indonesia.

Martono, 2011. Lanjut usia dan dampak sistemik dalam siklus kehidupan.

Maryam, R.S., Ekasari, M.F., Rosidawati., Jubaedi, A., & Batubara, I. 2008. Mengenal usia lanjut danperawatannya. Jakarta: Salemba Medika.

Mubarak, W.I., Chayatin, N., & Santoso, B.A. 2010. Ilmu keperawatan komunitas konsep dan aplikasi. Jakarta: Selemba Medika.




DOI: https://doi.org/10.32528/ijhs.v0i0.1548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats