PENGARUH TERAPI REMINISCENCE TERHADAP FUNGSI KOGNITIF LANSIA DI UPT PSTW BONDOWOSO

Sofia Rhosma Dewi

Abstract


Pada masa tua banyak sekali masalah yang terjadi, salah satunya adalah fungsi kognitif. Penurunan fungsi kognitif pada lansia belum mendapatkan penanganan yang maksimal. Salah satu bentuk terapi untuk fungsi kognitif lansia adalah terapi Reminiscience. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh terapi Reminiscience terhadap peningkatan fungsi kognitif lansia di UPT PSTW Bondowoso Penelitian ini adalah penelitian pra eksperimental dengan pendekatan pre – post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah 81 lansia yang tinggal di UPT PSTW Bondowoso. Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah 20 lansia yang diambil dengan purposive sampling dengan kriteria inklusi lansia yang kooperatif, mudah diajak berkomunikasi dan bersedia menjadi responden.. Penelitian dilakukan selama bulan Maret 2018. Responden terbagi dalam 4 kelompok. Setiap kelompok melakukan terapi Reminiscience selama 90 menit setiap sesi dan dalam dua minggu dilakukan tiga sesi untuk masing- masing kelompok. Fungsi kognitif lansia diukur dengan menggunakan MMSE sebelum dan sesudah tindakan. Analisa data dilakukan dengan menggunakan uji wilcoxon. Hasil uji wilcoxon menunjukkan p value 0.09 lebih kecil dari α 0.05 sehingga H0 ditolak artinya ada pengaruh terapi Reminiscience terhadap peningkatan fungsi kognitif lansia. Terapi ini direkomendasikan sebagai salah satu terapi yang dapat dilakukan dalam upaya mempertahankan fungsi kognitif lansia.

 

Kata kunci : lansia, fungsi kognitif, terapi reminiscience

Full Text:

PDF

References


Boekhorst, S., M, D., A, F. & Twisk, S., 2013. Quality of LIfe of Nursing Home Residents with Dementia Subject to Surveillance Technology Versus Physical Restraints : An Explorative Study. International Journal of Geriatric Psychiatry, 28(4), pp. 356 - 363.

Kesehatan, P. D. d. I. K., 2013. Buletin dan Jendela Informasi Kesehatan. Gambaran Kesehatan Lanjut Usia di Indonesia, 12 Juli, pp. 1-17.

Lachman, V. D., 2012. Applying the Ethics of Care to Your Nursing Practice. Medical Surgical Nursing, 21(2), pp. 112 - 116.

Malone, L. K., Fletcher, R. K. & Plank, L. M., 2004. Management Guideline for Nurse Practicioners Working With Older Adult. 2nd Edition penyunt. Philadelphia: F A Davis Company.

Mauk, K. L., 2012. Gerontolical Nursing Competencies for Care. 4th Edition penyunt. Boston: Jones and Bartlett Publisher.

Nursalam, 2013. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Park, D. C., Gutchess, A. H., Meade, M. & Stine-Morrow, E. L., 2007. Improving Cognitive Function in Older Adults : Nontraditional Approaches. Journal of Gerontology, 62B(I), pp. 45 - 52.

Perry & Potter, 2005. Buku Ajar Fundamental Keperawatan : Konsep, Proses dan Praktik. 3 penyunt. Jakarta: EGC.

Schiae, W. K., 2003. Cognitive Aging, Washington DC: National Research Council.




DOI: https://doi.org/10.32528/ijhs.v0i0.1544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats