PENGARUH KELAS IBU HAMIL TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG ANTENATAL CARE PADA IBU HAMIL DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MODEL COMMUNITY AS PARTNER DI DUSUN KARANGASEM DESA GLAGAHWERO KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBER

Bella Alvionitta Gunawan Putri, Tri Astutik

Abstract


Kehamilan merupakan masa dimana terjadinya konsepsi hingga terjadi kelahiran bayi antara 38-40 minggu. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis efektifitas kelas ibu hamil terhadap peninkatan pengetahuan tentang antenatal care pada ibu hamil di Dusun adean Desa Glagahwero Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan menggunakan quasy experiment. Sampel penelitian sebanyak 15 ibu hamil diambil menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data mengenai kelas ibu hamil dan pengetahuan tentang antenatal care di dapatkan dengan melakukan wawancara serta melakukan pre test dan post test menggunakan soal yang dibuat oleh mahasiswa sesuai dengan indikator dari program kegiatan yang akan dilakukan. Hasil penelitian terdapat kesimpulan bahwa adanya efektifitas dari kelas ibu hamil tentang peningkatan pengetahuan mengenai antenatal care pada ibu hamil yang dibuktikan dengan adanya 10 (66,7%) ibu hamil memiliki perubahan perilaku dalam melakukan ku jungan ANC dan kelas ibu hamil, dimana sebelumnya sebanyak 4 (26,6%) ibu hamil memiliki pengetahuan yang baik.Penelitian ini merekomendasikan pentingnya memberikan kelas ibu hamil secara berkelanjutan guna meningkatkan status kesehatan dari ibu hamil serta mengurangi angka kematian ibu dan bayi.

 

Kata kunci: Kelas Ibu Hamil, Pengetahuan tentang Antenatal Care


Full Text:

PDF

References


Bari, A. 2002. Buku panduan praktis pelayanan kesehatan maternal dan neonatal. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka;

Dinas Kesehatan Jawa Timur. 2015. Profil kesehatan Jawa Timur tahun 2015. Surabaya : Dinas Kesehatan Jawa Timur;

Stanhope & Lancaster. 2004. Foundations Of nursing in community heatth: community oriented practiced. Philadelpia: Mosby Elsievier;.

Lestari, S. 2012. Psikologi keluarga : penanaman nilai dan penanganan konflik dalam keluarga, ed. 1. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group;.

Sukarni, W. 2013. Buku ajar keperawatan maternitas. Yogyakarta: Nuha Medika;.




DOI: https://doi.org/10.32528/ijhs.v0i0.1538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats