PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG PERILAKU HIDUP BERSIH SEHAT (PHBS) PADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SERUT KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBER

Rofidatul Inayah, Arfajah A, Latifa Aini

Abstract


Anak usia sekolah merupakan masa usia anak yang sangat berbeda dengan usia dewasa. Survei terhadap 5 anak sekolah dasar di desa Serut diketahui bahwa sebanyak 50% anak memiliki pengetahuan kurang dan belum mengerti tentang pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), salah satu masalah kondisi kesehatan pribadi seperti makan tidak cuci tangan terlebih dahulu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan tentang PHBS pada anak Sekolah Dasar Negeri 1 Serut Panti Kabupaten Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre Experimental dengan rancangan one-group pre-test post-test design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling yaitu pengambilan sampel dimana jumlah sampel sama dengan populasi. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Serut Panti Kabupaten Jember sebanyak 41 anak. Pembagian sampel menggunakan teknik total sampling. Analisa data yang digunakan adalah analisa bivariat Uji Paired Sample T test. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat pengaruh pendidikan kesehatan (p= 0,001) tentang PHBS pada siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Serut Panti Kabupaten Jember.

 

Kata kunci : PHBS, Pengetahuan, Pendidikan Kesehatan


Full Text:

PDF

References


Depkes RI. 2005. Promosi Kesehatan dalam Pencapaian Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. From http://www.promosikesehatan.com diakses tanggal 4 Juni 2018.

Notoatmodjo, S. 2007. Kesehatan Masyarakat Ilmu & Seni. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sugiyono. 2007. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : CV. Alfab.




DOI: https://doi.org/10.32528/ijhs.v0i0.1536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats