EFEK (FCEMNC) FAMILY CENTER EMPOWERMENT MODELION NUTRITION CHILDREN TERHADAP PENINGKATAN STATUS GIZI BALITA DI DESA SERUT KECAMATAN PANTI

Larasmiati Rasman, Tria Permata Sari, Latifa Aini

Abstract


Keluarga dengan anggota keluarga yang mengalami suatu masalah kesehatan pasti dapat mempengaruhi sistem dalam keluarga tersebut. Family Center Empoworement Modelion Nutrition Children adalah salah satu intervensi berupa komunikasi terapeutik keluarga yang dibangun oleh anggota keluarga yang lain dengan anggota keluarga yang memiliki masalah kesehatan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pengaruh Family Health Conversation terhadap peningkatan status gizi pada balita di Desa Panti, Jember. Desain penelitian ini adalah preeksperimental one grup, pre-post test dengan jumlah 9 keluarga sesuai dengan kriteria sampel sebagai keluarga mandiri tingkat 1. Hasil penelitian terdapat peningkatan tingkat kemandirian klien yaitu dari tingkat 1 ke tingkat 4.  Perlakuan selama 2 minggu secara intensif melakukan kunjungan 2 kali dalam seminggu, diketahui adanya pengaruh intervensi terhadap status gizi anak, yang dapat dilihat dari peningkatan berat badan. Komunikasi keterlibatan keluarga merupakan tehnik yang dibutuhkan untuk meningkatkan kemauan keluarga dalam mengupayakan adanya perubahan perilaku yang dapat menyelesaikan masalah kesehatan. Perlu dilaksbalita an sosialisasi pada perawat perkesmas dalam melakukan salah satu alternatif intervensi keperawatan keluarga dengan bentuk pengaruh Family Health Conversation.


 Kata kunci : Family Health Conversation, keperawatan keluarga

 


Full Text:

PDF

References


Notoatmodjo S. Promosi kesehatan teori dan aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta; 2010.

Briawan D, Herawati T. Peran anggota rumahtangga di dalam pengasuhan pertumbuhan dan perkembangan balita balita. Laporan Akhir Penelitian Studi Kajian Wanita. Bogor: Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.2005.

Diasmarani. Karakteristik dan Perkembangan Bahasa Balita Balita Stunted di Desa Sukawening Kabupaten Bogor.2010; [diunduh 2015 Feb 15]. Tersedia pada http://repository.ipb.ac.id

[Riskesdas] Riset Kesehatan Dasar. 2013. Laporan hasil Riset Kesehatan Dasar Nasional 2013. [Internet]. [diunduh 2014 Okt 20]. Tersedia pada http//www.riskesdas.litbang.depkes.go.id.




DOI: https://doi.org/10.32528/ijhs.v0i0.1532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats