PENGARUH SOSIALISASI PEMILAHAN SAMPAH ORGANIK DAN NON ORGANIK SERTA MANAJEMEN SAMPAH TERHADAP PENURUNAN VOLUME SAMPAH DI DUSUN KRAJAN DESA KEMUNINGSARI LOR KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBER

Fikri Nur Latifatul, Afriezal A, Auliya A, Kholid Rosyidi Muhammad Nur

Abstract


Pertanian merupakan mayoritas mata pencaharian penduduk di Dusun Krajan, Desa Kemuningsari Lor, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember. Kesadaran dan kepedulian untuk menangani sampah oleh masyarakat dusun terlihat masih sangat kurang. Hal tersebut ditandai dengan kebiasaan membakar sampah yang masih melekat di masyarakat dalam mengelola sampah. Disamping itu dengan membakar sampah dirasa masyarakat adalah cara yang paling cepat dalam pengolahan sampah. Padahal sudah sangat jelas dampak polusi yang ditinggalkan apabila tetap melakukan pembakaran terhadap sampah. Terlebih dengan angka kejadian ISPA yang tinggi menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat. Kekhawatiran tersebut dapat dikurangi dengan menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya dan pemilahan sampah. Hasil yang dicapai dari kegiatan ini adalah masyarakat mulai memahami pentingnya mengelola sampah dan volume pengeluaran sampah berhasil ditekan yang berasal dari sampah rumah tangga.

 

Kata kunci: Lingkungan, Sampah Organik dan Non Organik


Full Text:

PDF

References


Artiningsih, NKA. 2008. Peran Serta Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga (Studi Kasus di Sampangan dan Jombang, Kota Semarang). Tesis. Semarang : Universitas Diponegoro.

Emi, S. 2013. Perilaku Ibu Ru mah Tangga dalam Pengelolaan Sampah. . Unnes Journal of Public Health Vol 3, No 2 (2013). Internet.Diunduh 23 Juni 2018.

Oktyan, P. 2012. Studi kualitatif manajemen pengelolaan sampah di kelurahan Sekaran Kota Semarang. Unnes Journal of Public Health Vol 2, No 1 (2012). Internet.Diunduh 23 Juni 2018.




DOI: https://doi.org/10.32528/ijhs.v10i1.1526

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats