PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN METODE STRATAGEM DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA

Reza Riyady Pragita, Retno Purwandari, Lantin Sulistyorini

Abstract


Pendidikan kesehatan reproduksi melalui cooperative learning tipe group cooperative game stratagem media audiovisual merupakan inovasi dalam pemberian pesan-pesan kesehatan dalam upaya peningkatan derajat kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pemberian pendidikan kesehatan melalui metode stratagem media audiovisual terhadap tingkat pengetahuan kesehatan reproduksi pada remaja dan enganalisis perbedaan pengaruh dari peberian pendidikan kesehatan etode stratage . Variabel penelitian disini adalah pendidikan kesehatan dengan metode stratagem media audiovisual dan pendidikan kesehatan metode ceramah sebagai variabel independent. Variabel dependent dalam penelitian ini adalah tingkat pengetahuan kesehatan reproduksi remaja. Penelitian ini melibatkan 15 orang sebagai kelompok eksperiment, dan 15 orang sebagai kelompok kontrol dengan menggunakan proporsional stratified random sampling. Uji statistik yang digunakan adalah Wilcoxon dan Mann Whitney. Hasil data yang p nilai 0,014 dan 0,016 (α <0,05). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan kesehatan melalui metode stratagem media audiovisual pada pengetahuan remaja mengenai kesehatan reproduksi dan terdapat perbedaan pengaruh dalam pendidikan kesehatan melalui metode stratagem media audiovisual dan metode konvensional ceramah. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa metode straragem mampu meingkatka pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi. Rekomendasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam memberikan pendidikan kesehatan terutama kesehatan reprodksi pada remaja diperlukannya inovasi yang mampu mengajak remaja berperan aktif dalam pendidikan kesehatan salah satunya dengan menggunakan metode kooperatif seperti stratagem dan media audiovisual.

 

Kata kunci : Remaja, Pendidikan Kesehatan, Kesehatan Reproduksi.


Full Text:

PDF

References


Arikunto S, 2006. Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

BKKBN, 2011. Policy brief pusat penelitian dan pengembangan kependudukan. 2011. (Online) http://www.bkkbn.go.id/litbang/pusdu/Hasil%20Penelitian/Karakteristik%20Demografis/2011/Kajian%20Profil%20Penduduk%20Remaja%20(10%20-%2024%20tahun).pdf (diambil tanggal 19 Januari 2015).

Centers for Disease Control (CDC), 2013. (Online) http://www.cdc.gov/HealthyYouth/sexualbehaviors/. (Diambil tanggal 20 Februari 2015).

Depkes, 2008. Pedoman operasional pelayanan terpadu kesehatan reproduksi di Puskesmas. Jakarta: Depkes.

Inter-agency Working Group (IAWG) on Reproductive Health in Crises, 2010. Buku pedoman lapangan antar lembaga kesehatan reproduksi dalam situasi darurat bencana. Australia: Inter-agency Working Group on Reproductive Health in Crises.

Laksmiwati IAA. 2013. Transformasi sosial dan perilaku reproduksi remaja. [internet]. 2008. [Diambil tanggal 23 Mei 2015] dari: http://ejournal.unud.ac.id/

Mertia I, Hidayat T, Yuliadi EN, 2011. Hubungan antara pengetahuan seksualitas dan kualitas komunikasi orang tua dan anak dengan perilaku seks bebas pada remaja siswa-siswi MAN Gondangrejo Karanganyar.

Mubarak WI, Chayanti N, Rozikin K, Supradi, 2007. Promosi kesehatan, sebuah pengantar proses belajar mengajar dalam pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nursalam, Effendi F, 2008. Pendidikan dalam keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Palupi D. C. A, 2014. Pengaruh teknik talking stick terhadap pengetahuan dan sikap dalam pencegahan hiv/aids pada remaja di SMP Negeri 1 Puger Kabupaten Jember.

Rianto et al, 2006. Pendekatan, strategi, dan metode pembelajaran. Malang: Depdiknas.

Santayasa, IW, 2007. Landasan Konseptual Media Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Santrock JW, 2007. Remaja Jilid 1 Edisi 11. Jakarta : Erlangga.

Soetjiningsih, 2007. Tumbuh kembang remaja dan permasalahannya. Jakarta: CV. Sagung Seto.

Susilana R, Riyana C, 2009. Media pembelajaran hakikat pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. Bandung: Wacana Prima.

Universitas Kristen Satya Wacana, 2012. Efektifitas penggunaan media audio visual (VCD pembelajaran) berdasarkan teori Bruner dalam pembelajaran matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Mojowetan Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora Semester II tahun Pelajaran 2011/2012.

Wong et al, 2009. Buku ajar keperawatan pediatrik. Volume 1. Jakarta: EGC.

Yunita A., 2009. Pengaruh penerapan metode stratagem melalui pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 20 Padang. Padang: STKIP PGRI.




DOI: https://doi.org/10.32528/ijhs.v0i0.1521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats