Keterlibatan Anak Prasekolah Tentang Pengenalan Kesiapsiagaan Bencana Alam Melaui Metoda Simulasi

Cipto Susilo, Hendra Kurniawan, Mohammad Syamsun Ni’am

Abstract


Letak geografis kepulauan Indonesia terbentuk dari titik-titik pertemuan lempeng bumi yang menjadikan negeri ini sarat dengan kejadian-kejadian bencana, seperti gempa bumi, tsunami, tanah longsor, serta gunung berapi. Salah satu permasalahan yang mendasar dalam  proses kesiapsiagaan bencana alam pada anak prasekolah tekait dengan keterbatasan pemahaman tentang resiko-resiko disekeliling mereka, yang berakibat tidak adanya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Tingkat resiko bencana selain ditentukan oleh potensi bencana juga ditentukan oleh upaya mitigasi dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Pengenalan proses kesiapsiagaan pada usia prasekolah tentunya memiliki metode yang harus sesuai dengan usia mereka karena model pembelajarn memiliki peranan yang sangat penting dalam proses kegiatan belajar dan merupakan salah satu parameter utama keberhasilan dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterlibatan anak prasekolah tentang pengenalan kesiapsiagaan bencana alam pada dengan mengunakan desain pretest-postest One group design. Hasil penelitian dengan uji Wilcoxon (α=0,05) didapatkan nilai p value = 0,000 artinya H1 diterima atau ada keterlibatan anak prasekolah terhadap kesiapsiagaan bencana alam melalui metode simulasi.  Keterlibatan anak prasekolah dalam kesiapsiagaan  kebencanaan di sekolahnya menjadi strategi efektif, dinamis, dan berkesinambungan dalam upaya penyebarluasan pendidikan kebencanaan sehingga sejak dini anak mampu mengenal tanda bencana alam yang terjadi disekitar tempat tinggalnya.

Kata kunci: Keterlibatan Anak Prasekolah, Kesiapsiagaan bencana alam, Simulasi.

Full Text:

PDF

References


Dani. (2013). Role Playing Sebagai Salah Satu Model Pembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra. https://pojokpakdani. wordpress.com/2013/01/14/role-playing-sebagai-salah-satu-model-pembelajaran-inovatif-bahasa-dan-sastra/ diakses tanggal 2 Desember 2015.

Dwisiwi, R. dkk. (2012). Pelatihan Teknik Mitigasi Bencana Gempa Bumi Bagi Komunitas SMPN 2 Bantul. http://staffnew.uny.ac.id/upload/131453201/pengabdian/pelatihan-gbsmp2-btl.pdf diakses tanggal 4 Desember 2015.

Fadillah, M. (2012). Desain Pembelajaran PAUD, Yogyakarta: ArRuzz Media

Hidayati, D,dkk. (2006). Kajian Kesiapsiagaan Bencana Masyarakat dalam Menghadapi Bencana Gempa dan Tsunami. Jakarta: LIPI-UNESCO-ISDR

Jenny. (2012). Pembentukan Sikap dalam Pembelajaran. Jakarta:Balai Pustaka

Konsorium Pendidikan Bencana Indonesia, (2011), Laporan Hasil Kerja Gugus Tugas Konsorsium Pendidikan Bencana Dalam Proses Review Strategi Nasional Pengarustamaan Pengurangan Risiko Bencana Dalam Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: JTIC.

Mubarak, I. W. & Cahyati , N. (2009). Ilmu Kesehatan Masyarakat Teori dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Medika.

Sudaryono. (2012). Perbedaan Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Ditinjau dari Tingkat Self-Effiacy pada Anak Usia Sekolah Dasar di Daerah Dampak Bencana Gunung Kelud. http://.journal.unair.ac.id diakses tanggal 1 Desember 2015

Sunaryo & Fima (2015). Pengaruh Metode Simulasi Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV SD Negeri 2 Lugosobo. Journal profesi pendidik, Vol. 2, (1). http://ispijateng.org/wp-content/uploads/2015/

Taniredja,T. dkk. (2013). Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif, Alfabeta, Bandung:

Undang-Undang Republik Indonesia. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007: Tentang Penanggulangan Benana.




DOI: https://doi.org/10.32528/the.v9i1.1265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats