Gambaran Pemahaman Anak Usia Sekolah Dasar Tentang Pendidikan Seksual Dalam Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak

Elok Permatasari, Ginanjar Sasmito Adi

Abstract


Jumlah korban kekerasan terhadap anak dalam bentuk kekerasan seksual meningkat setiap tahunnya.  Pendidikan seks pada anak dapat mencegah agar anak tidak menjadi korban pelecehan seksual. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei yang bersifat analitik dengan pendekatan cross sectional study yang dilaksanakan di SDN Tegalgede I Jember. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah  seluruh siswa kelas 3, 4 dan 5 SD di SD N Tegal Gede 01 Jember sejumlah 140 siswa. Pemahaman anak usia sekolah dasar tentang pendidikan seksual pada anak dalam upaya pencegahan kekerasan seksual pada anak masih sebagian besar dalam kategori sedang (89,8%). Berdasarkan analisis statistik dengan regrsi linier menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan (p-value = 0,000) antara usia dan jenis kelamin anak sekolah dasar terhadap tingkat pemahaman anak tentang pendidikan seksual. Pendidikan seksual sangat penting untuk diberikan pada anak usia sekolah sedini mungkin, hal ini disebabkan karena hasil penelitian menyebutkan bahwa anak yang berusia lebih muda akan mampu memahami lebih banyak tentang pendidikan seksual. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa anak laki-laki lebih mudah memahami pendidikan seksual dibandingkan anak perempuan. Perlu adanya peningkatan peran sekolah khususnya guru kelas dalam memberikan pendidikan seksual pada anak baik secara intensitas maupun kualitas.

Kata kunci : Pendidikan seksual, Anak usia sekolah dasar, Pencegahan kekerasan seksual

Full Text:

PDF

References


Allen, B., Timmer, S. G., & Urquiza, A. J. (2016). Child Abuse & Neglect Parent – Child Interaction Therapy for sexual concerns of maltreated children : A preliminary investigation. Child Abuse & Neglect, 56, 80–88. http://doi.org/10.1016/j.chiabu.2016.04.008

Andarmoyo, S. (2012). Psikoseksual : Dalam Pendekatan Konsep & Proses Keperawatan. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Chen, J., Dunne, M. P., & Han, P. (2007). Prevention of child sexual abuse in China: knowledge, attitudes, and communication practices of parents of elementary school children. Child Abuse Negl, 31(7), 747–755. http://doi.org/10.1016/j.chiabu.2006.12.013

Chen, J. Q., & Chen, D. G. (2005). Awareness of child sexual abuse prevention education among parents of Grade 3 elementary school pupils in Fuxin City, China. Health Educ Res, 20(5), 540–547. http://doi.org/10.1093/her/cyh012

Davies, D. (2011). Child Development : A Practitioners’s Guide. New York & London: The Guilford Press.

Garwita. (2013). Laporan Kekerasan Seksual pada Anak. Jember.

Gibson, L. E., & Leitenberg, H. (2000). Child sexual abuse prevention programs: do they decrease the occurrence of child sexual abuse? Child Abuse & Neglect, 24(9), 1115–1125. http://doi.org/10.1016/S0145-2134(00)00179-4

Hebert, M., Lavoie, F., Piche, C., Poitras, M., Hébert, M., Lavoie, F., … Poitras, M. (2001). Proximate effects of a child sexual abuse prevention program in elementary school children. Child Abuse & Neglect, 25(4), 505–522. http://doi.org/10.1016/S0145-2134(01)00223-X

Islawati, I., & Paramastri, I. (2015). Program “Jari Peri” sebagai Pelindung Anak dari Kekerasan Seksual. Jurnal Psikologi, 42, No. 2(2), 115–128.

Miller, T. W. (2008). School violence and primary prevention. School Violence and Primary Prevention. http://doi.org/10.1007/978-0-387-77119-9

National Guidelines Task Forces. (1991). Guidelines for Comprehensive Sexuality Education (3rd ed.).

Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A). (2015). Data Kasus Kekerasan Anak Kabupaten Jember. Kabupaten Jember.

Semiun, Y. (2006). Teori Kepribadian dan Psikoanalitik Freud. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Weatherley, R., Siti Hajar, A. B., Noralina, O., John, M., Preusser, N., & Yong, M. (2012). Evaluation of a school-based sexual abuse prevention curriculum in Malaysia. Children and Youth Services Review, 34(1), 119–125. http://doi.org/10.1016/j.childyouth.2011.09.009

Zhang, W., Chen, J., Feng, Y., Li, J., Zhao, X., & Luo, X. (2013). Young children’s knowledge and skills related to sexual abuse prevention: a pilot study in Beijing, China. Child Abuse & Neglect, 37(9), 623–630. http://doi.org/10.1016/j.chiabu.2013.04.018

Zwi, K. J., Woolfenden, S. R., Wheeler Danielle, M., O’Brien, T. a, Tait, P., Williams Katrina, J., … Williams, K. W. (2007). School-based education programmes for the prevention of child sexual abuse. Cochrane Database of Systematic Reviews (Online), (3), CD004380. http://doi.org/10.1002/14651858.CD004380.pub2




DOI: https://doi.org/10.32528/the.v9i1.1264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats