Pengaruh Token Ekonomi Terhadap Peningkatan Perilaku Makan Pada Anak Dengan Attention Defisit Hyperactivity Disorder (ADHD)

Yeni Suryaningsih, Sri Wahyuni Adriani

Abstract


Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) adalah gangguan neurobehavioral yang paling umum pada anak-anak berusia 3 - 5 tahun. Anak-anak dengan ADHD perlu mendapatkan asupan makanan yang tepat untuk mengendalikan kondisi ini. Token ekonomis adalah program yang menggunakan potongan atau tanda tertentu sesegera mungkin jika perilaku target muncul, maka potongan atau tanda yang telah dikumpulkan dapat ditukarkan dengan imbalan subjek. Penelitian ini merupakan quasi experimental non randomized one group pretest-post test design. Penelitian ini dilakukan di TK Dahlia II Kabupaten Jember. Jumlah sampel 6 anak dengan teknik purposive sampling. Hasil perbedaan analisis peningkatan tertinggi adalah 26 dan selisih terendah memiliki nilai 20. Analisis Wilcoxon (α <0,05) p value = 0,016. Kesimpulan token ekonomi dapat diterapkan untuk anak-anak dengan ADHD sehingga perilaku makan anak akan terkontrol dengan baik. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan aplikasinya, khususnya di bidang keperawatan jiwa, dalam penggunaan token ekonomi untuk meningkatkan perilaku makan anak.

Kata Kunci: Token Ekonomi, Perilaku Makan Anak, Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)

Full Text:

PDF

References


DSM IV. Attention Deficit/Hyperactivity Disorder. Diagnostic and Statistical

Manual of Mental Disorders. 4th edition. American Psychiatric Association,Washington DC. 1994. p. 78-85.

Hadi, Sutrisno. 2001. Metodologi Research Jilid 2. Yogyakarta: Andi.

Martin, G. And Pear, J. 1992. Behavior Modification: What It Is and How To Do It Fourth Edition. Prentice-Hall, Inc.

Montauk SL. Attention-Deficit/Hyperactivity Disorder. http://www.emedicine.com.

Last update : Juny 2005. Accessed: August 2nd 2006.

Notoatmodjo. 2000. Psikologi Keperawatan. Arrsus Media. Jakarta

Nurbani. 2006. Pengaruh Token Ekonomi terhadap Peningkatan Kemampuan Belajar Pada Anak. Jakarta

Simms MD. 2004. Attention Deficit/Hyperactivity Disorder. In: Behrman RE, Kliegman RM, Jenson HB (eds). Nelson Textbook of Pediatrics. 17th edition. Saunders, USA 2004. p. 107-10.

Soekadji, S. 1983. Modifikasi Perilaku : Penerapan Sehari-hari dan Penerapan Profesional. Yogyakarta: Lyberty

Stuart, G.W. 2011. Principles and Practice of Psychiatric Nursing 9th Edition. St Louis: Mosby Elsevier

Stuart, G.W & laraia, M.T. (2005). Principle and Practice of Psichiatric Nursing. (8th ed). Philadelphia, USA: Mosby, Inc

Susanto, E. 2008. Ekonomi Token, Tips Mendidik Anak Kreatif. http://eko13.wordpress.com/2008/05/18/ekonomi-token-tips-mendidik-anak-kreatif/. 28 Oktober 2011.

Tarbox, R. S. F., Ghezzi, P. M., dan Wilson G. 2006. The effects of token reinforcement on attending in a young child with autism.Behavioral Interventions. Vol. 21 Issue 3, p155-164, 10p, 1 Graph.

Townsend, M.C (2009). Psychiatric mental helath nursing (6th ed). Philadelphia: F.A. Davis Company




DOI: https://doi.org/10.32528/the.v9i1.1262

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats