Analisis Jalur Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Dengan Kepuasan Terhadap Kinerja Perawat Dalam Memberikan Asuhan Keperawatan Di Rs Di Jember

Luh Titi Handayani

Abstract


Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) harus diselenggarakan di semua tempat kerja, khususnya tempat kerja yang mempunyai risiko bahaya kesehatan. Tujuan Penelitian mengetahui hubungan kesehatan dan keselamatan kerja dengan kepuasan kerja terhadap kinerja perawat dalam memberikan asuhan keperawatan di Ruang Rawat infeksi di RSD di Kabupaten Jember. Populasi penelitian ini adalah perawat yang bertugas di ruang rawat inap RS di Jember dengan sampel sebanyak 30 orang perawat yang tersebar di tiga ruang yaitu VCT, interna dan bedah. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah kuesioner dengan skala likert. Data di olah dengan metode analisis jalur. Hasil penelitian secara keseluruhan mempunyai hubungan linier terhadap kinerja sebesar 55,3% yang artinya 44,7% kemungkinan dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dapat dijelaskan dalam penelitian ini terhadap kinerja petugas dalam memberikan asuhan keperawatan. Secara individu variabel yang paling besar memberikan hubungan linier adalah kepuasan sebesar 18,7% sedangkan yang paling rendah adalah variabel persepsi yang memberikan pengaruh langsung terhadap kinerja sebesar 9,61 %. Bagi Pihak rumah sakit dapat mempertahankan kebijakan yang ada dengan melihat hasil yang sudah didapatkan saat ini dan dapat lebih ditingkatkan dengan mempertimbangkan variabel lain yang belum dibahas dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Analisis Jalur, K3, Kinerja Perawat

Full Text:

PDF

References


Andriani, F. & Fitri, R. (2013). Hubungan kinerja perawat dalam pendokumentasian asuhan keperawatan dengan kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan di Ruang rawat Inap RSUD Kota Solok. Jurnal Keperawatan ‘Afiyah. Vol. 1 No. 1, januari 2014

As’ad, M. (2003). Psikologi industri. Edisi ke – 4. Yogyakarta: Liberty

Asman, S. (2001). Faktor–faktor yang berhubungan dengan kinerja perawat dalam mendokumentasikan asuhan keperawatan di Ruang Rawat Inap RSUP Angkatan Darat Gatot Subroto Jakarta. Tesis. Tidak diterbitkan. Program Magister Ilmu Keperawatan. FIK-UI.

Atmaji, M.B.P. (2008). Hubungan faktor individu dan organisasi rumah sakit dengan stress kerja serta hubungan stress kerja dengan kinerja asuhan keperawatan perawat pelaksana di Ruang Rawat Inap RSUD dr. Soegiri Lamongan. Tesis. Tidak diterbitkan. Program Magister Ilmu Keperawatan. FIK-UI.

Depkes (2005). Pedoman pengembangan jenjang karir profesional perawat. Jakarta: Dirjen Yan Medik.

Doenges, M. E. & Moorhouse, M. F. (2008). Application of nursing process and nursing diagnosis. (5th Ed). F.A. Davis

Hafid, M.A. (2014). Hubungan kinerja perawat terhadap tingkat kepuasan pasien pengguna YANKESTIS dalam pelayanan keperawatan di RSUD Syech Yusuf Kab. Gowa. Jurnal Kesehatan. Vol. VII. No. 2 tahun 2014

Hasibuan, H.N.S.P. (2003). Manajemen sumber daya manusia. Edisi revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ilyas, Y. (2002). Kinerja: Teori, penilaian & peneltian. Jakarta: FKM-UI.

Kemenkes RI.(2016). Informasi SDM kesehatan. www.bppsdmk.kemenkes.go.id. Diunduh pada tanggal 5 September 2016.

Mathis, R. L. & Jackson, J. H. (2006). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: Salemba Empat.

Ma’wah, M. (2015). Factor yang berhubungan dengan kinerja perawat di Ruang rawat Inap RSU Kota Tangerang Selatan. Tesis. Tidak diterbitkan.

Perpres R.I No. 72 Tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Nasional

Prawoto, E. (2007). Hubungan rotasi kerja dan iklim kerja dengan kinerja perawat pelaksana di ruang rawat inap RSUP Persahabatan Jakarta. Tesis. Tidak diterbitkan. Program Magister Ilmu Keperawatan. FIK-UI.

Rusmiati (2006). Hubungan lingkungan organisasi dan karakteristik perawat dengan kinerja perawat pelaksana di RSUP Persahabatan. Tesis. Tidak diterbitkan. Program Magister Ilmu Keperawatan. FIK-UI.

Rustiani, D. (2007). Hubungan komunikasi dan supervisi kepala ruangan dengan kelengkapan pendokumentasian asuhan keperawatan oleh perawat pelaksana. Tesis. Tidak diterbitkan. Program Magister Ilmu Keperawatan. FIK-UI.

Suratun (2008). Hubungan penerapan metode penugasan tim dengan kelengkapan dokumentasi keperawatan di RSUD Bekasi. Tesis. Tidak diterbitkan. Program Magister Ilmu Keperawatan. FIK-UI.

Wibowo (2007). Manajemen kinerja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Zuhriana (2012). Faktor yang berhubungan dengan kinerja perawat di Unit Rawat Inap RSUD Bula Kab. Seram Bagian Timur. Tesis. Tidak diterbitkan.




DOI: https://doi.org/10.32528/the.v9i1.1261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats