Hubungan Beban Kerja Perawat Dengan Timbang Terima (Overan) Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam Ibnu Sina

Honesty Diana Morika

Abstract


Beban kerja yang tinggi dapat berpengaruh terhadap terlaksananya proses timbang terima. Sehingga dapat mengakibatkan kesalahan dalam pelaksanaan tindakan keperawatan di rumah sakit semakin tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Beban Kerja Perawat dengan Timbang Terima (Overan) Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Padang. Penelitian ini bersifat survey analitik dengan desain cross sectional study yang telah dilakukan di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Padang pada 07 April sampai 10 April 2017. Populasi dalam penelitian perawat yang bekerja di ruang rawat inap Multazam, Zam-zam, AsSyafa dan AlMarwah, sebanyak 32 orang dengan teknik sampel adalah total sampling. Hasil penelitian didapatkan 14 (82.4%) timbang terima pasien terlihat kurang baik dikarenakan beban kerja perawat yang tinggi dibandingkan dengan 7 (46.7%) timbang terima pasien kurang baik namun memiliki beban kerja perawat yang rendah dan ada hubungan antara beban kerja perawat dengan timbang terima pasien (overan) di ruang rawat inap Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Padang tahun 2017 (pvalue = 0.040). Disimpulkan bahwa ada hubungan beban kerja perawat dengan pelaksanaan timbang terima. Diharapkan kepada pihak rumah sakit dapat mengevaluasi pelaksanaan timbang terima pasien dan beban kerja masing-masing staf sehingga dalam penyampaian kondisi dan kebutuhan pasien dapat terlaksana dengan baik.

Kata Kunci : Beban Kerja Perawat, Timbang Terima Pasien

Full Text:

PDF

References


Alvarado, K., Lee, R., Christoffersen, E., Fram, N., Boblin, S., Poole, N., et al. (2006). Transfer of acountability : Transforming shift handover to enhance patient safety. Health Care Quarterly.

Angood. (2007). Why The Joint Comission Cares About Handoffs Strategy. Forum : Redusing Rish During Handoffs.

Budiono, (2005). Bunga Rampai Higiene Perusahaan Ergonomi (HIPERKES) dan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja. Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Cahyono, J. (2008) Membangun Budaya Keselamatan Pasien dalam Praktik Kedokteran. Yogyakarta : Penerbit Kanisius.

Chaboyer, W. McMurray, A., Wallis, M., & Chang, H. Y. (2008). Standard operating protocol for implementing bedside handover in nursing. Journal of Nursing Management.

Ghufron, (2016). Pengaruh Beban Kerja Perawat Terhadap Pelaksanaan imbang Terima (Handover) Perawat di Ruang Rawat Inap Rumah sakit Wava Husada Kepanjen Malang.

Gillies, D.A. (2006). Nursing Management A System Approach Third Edition.Philadelphia : W.B Saunders.

Martini (2007). Hubungan Kareakteristi perawat< Sikap< beban kerja, Ketersediaan Fasilitas dengan Pendokumentasian Asuhan Keperawatan Di Rawat Inap BPRSUD Kota Salatiga : Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Universita Diponegoro Semarang

Minarsih, M. (2011). Hubungan beban kerja perawat dengan produktifitas kerja perawat diIRNA non bedah (penyakit dalam) RSUP dr. M.Djamil Padang. Skripsi program studi ilmu keperawatan UNAND Padang.

Marquis dan Huston (2012). Kepemimpinan dan Management Keperawatan : teori dan aplikasi. Alih Bahasa. Edisi ke-4. Jakarta :EGC

Munandar, A. S. (2001) Stres dan keselamatan kerja psikologi industry dan organisasi, edisi 1, UI Press, Jakarta.

Nursalam. (2015). Aplikasi alam Praktik Keperawatan Profesional. Edisi 5. Jakarta : Salemba Medika

Potter & Perry. (2009). Fundamental Keperawatan Buku 1, edisi 7. Jakarta : Salemba Medika.

Riesenberg, A, L., Leitzsch, J., & Cunningham, M. (2010). Nursing handoffs : A systemic review of the literature : surprisingly little is known about what constitutes best practice. American Journal of Nursing.

Supardi (2007), Analisa Stres Kerja Pada Kondisi Dan Beban Kerja Perawat Dalam Klasifikasi Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumkit TK II Putri Hijau Kesdam I/BB Medan: Fakultas Ilmu Kesehatan. Universitas Sumatera Utara 2007

Suyanto, (2009). Mengenal Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan di Rumah Sakit. Jogjakarta; Mitra Cendikia Press.

Tarkawa,dkk (2004). Ergonomi untuk Keselamatan, Kesehatan, Kerja dan Produktifitas. UNIBA PRESS : Jakarta.

Widiastuti. (2005). Pengaruh Beban Kerja, Motivasi dan Kemampuan terhadap Pegawai Administrasi di Bagian TU Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Tesis Universitas Diponegoro Semarang




DOI: https://doi.org/10.32528/the.v9i1.1257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats