Analisis Perencanaan Strategi Bersaing Menggunakan Metode Matriks BCG Pada E-Commerce Shopee

Anika Ria Ningsih, Anisa Rianti Putri, Anita Anita, Aulia Utari, Vicky F. Sanjaya

Abstract


Penelitian ini merupakan sebuah study kasus pada perusahaan E-commerce Shopee di Indonesia pada tahun 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokkan dan memetakan jenis-jenis produk dari setiap produk dalam Matriks Boston Consulting Group (BCG) yang digunakan untuk memformulasikan strategi bersaing secara efektif pada Perusahaan Shopee di Indonesia. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode Deskriptif dengan desain penelitian berupa study kasus pada perusahaan shopee dengan teknik pengambilan data menggunakan Teknik pustaka dengan data sekunder.. hasil penelitian diperoleh Tingkat pertumbuhan Pasar sebesar -0,09%, dan pangsa pasar relatif 2,9 >1, sehingga perusahaan berada pada posisi Sapi Perah (Cash Cow) yang berarti memiliki pangsa pasar yang relatif tinggi tetapi bersaing dalam industri dengan pertumbuhan lambat. Berdasarkan Pemetaan Produk, Marketshare yang diperoleh shopee sebesar 8,75%.


Keywords


E-commerce; Matriks BCG; Pangsa Pasar Relative; Shopee

References


David, R. Fred, (2006). Manajemen Strategik (Edisi 15) Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing. Jakarta : Salemba Empat.

Subhan, Ali & Pratiwi, Mega, (2015). Analisis Strategi Pemasaran Produk Dengan Metode Analisis Matriks BCG, SWOT, dan Benchmarking Pada Perusahaan Rubby Hijab.

Wahyuwulandari, Wenni, (2013). Analisis Matriks Boston Consulting Group (BCG) Terhadap Portofolio Produk Guna Perencanaan Strategi Pemasaran Dakam Menghadapi Persaingan. Jurnal Universitas Tulungagung Vol. 1 No. 1 tahun 2013.

Aldo Fenolsa, Indira Listiarni, Vivin Dea Devita (2019). Highlight Belanja Online Indonesia 2019. Diakses dari : https://iPrice.co.id/tren/insights/laporan-belanja-online-e-commerce-indonesia/

Desy Setyowati, (2018). Shopee Catatkan Transaksi Rp. 59,4 Triliun Pada Semester 1-2018. Diakses dari : https://katadata.co.id/berita/2018/09/03/Shopee-catatkan-transaksi-rp-594-triliun-pada-semester-1-2018/

Jonathan Patrick, (2019). Tokopedia Catat Total Transaksi Cpai 18,5 T Pada Mei 2019. Diakses dari : https://m.cnnindonesia.com/teknologi/20190620114423-206-404914/tokopedia-catat-total-transaksi-capai-rp185-t-pada-mei-2019




DOI: https://doi.org/10.32528/jsmbi.v11i1.3237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats