Trend Fashion Dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Berhijab Di Kota Bima

Intisari Haryanti, Herry Nurdin

Abstract


Dahulunya memakai jilbab sering dikatakan jadul karena jilbab yang  tidak bermodel dan kedodoran. Namun karena perkembangan jaman dan  tekhnologi  yang sudah modern serta pergeseran gaya hidup, mengakibatkan perubahan perilaku konsumen dalam memutuskan membeli. Hal ini tidak hanya terjadi di kota kota besar tetapi termasuk juga di Kota Bima. Fenomena yang terjadi di Bima saat ini adalah melakukan  pembelian barang yang tidak mereka butuhkan, dan tidak ada manfaatnya. Kecenderungan membeli pakaian ini hanya untuk dipamerkan di sosial media dan mendapat pengakuan dari orang lain lantaran barang tersebut sedang trend. penelitian ini adalah penelitian baru, karena meneliti tentang trend fashion yang setiap tahun selalu mengalami perubahan dan trend fashion ini masih minim peneliti yang menelitinya, dan peneliti juga menambahkan gaya hidup hedonis dari masyarakat Kota Bima. Penelitian ini menggunakan pendekаtаn kuаntitаtif dengan jumlah responden sebanyak 96 orаng. Hasil koefisien korelasi menunjukkan adanya hubungan yang Kuat antara Trend Fashion dan Gaya Hidup Hedonis terhadap Keputusan  pembelian. Sedangkan Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa trend Fashion dan Gaya Hidup Hedonis secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, Sedangkan secara simultan trend Fashion dan Gaya Hidup Hedonis memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian

Keywords


Trend Fashion, gaya hidup Hedonis, Keputusan Pembelian

References


Arnold, M. J. and Reynolds, K. E. (2003) ‘Hedonic shopping motivations’, Journal of Retailing. doi: 10.1016/S0022-4359(03)00007-1.

Atmaja, B. T. and Arifianto, D. (2009) ‘Machinery fault diagnosis using Independent Component Analysis (ICA) and Instantaneous Frequency (IF)’, in International Conference on Instrumentation, Communication, Information Technology, and Biomedical Engineering 2009, ICICI-BME 2009. doi: 10.1109/ICICI-BME.2009.5417257.

Fitriana (2015) Pengaruh Motif Belanja Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas Di Parepare. Jurnal Economix Volume 3 Nomor 1

Gultekin, B., dan Ozer L., 2012, The Influence of Hedonic Motives and Browsing On Impulse Buying, Journal of Economics and Behavioral Studies, Vol. 4, No. 3, Maret: pp. 180-189, (ISSN: 2220-6140).

Ghozali, I. (2009) Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Keempat, Penerbit Universitas Diponegoro

Holbrook, M.B, and Hirschman, E.C. 1982. The Experimental Aspects of Consumption: Consumer Fantasies, Feelings, and Fun. Journal of Consumer Research,9, 132-140

https://www.scribd.com/doc/141645215/Pengertian-Eksistensi-Dan-Trend

Irani, N., dan K. Hanzaee. (2011) ‘The Effect of Variety-seeking Buying Tendency and Price Sensitivity on Utilitarian and Hedonic Value in Apparel Shopping Satisfaction. International Journal of Marketing Studies 3(3): 89-103

Kotler, P. and Keller, K. L. (2007) ‘Marketing Management’, Organization.

Kosyu, D. A., Hidayat, K. and Abdillah, Y. (2014) ‘Pengaruh Hedonic Shopping Motives Terhadap Shopping Lifestyle dan Impulse Buying ( Survei pada Pelanggan Outlet Stradivarius di Galaxy Mall Surabaya )’, Jurnal Administrasi Bisnis, 14(2), pp. 1–7.

Mufidah E. F.,& Wulansari P. S. D.(2018).Gaya Hidup Hedonisme Mahasiswa Pascasarjana di Media Sosial.JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 3(2),33-36

Overby, J. W. and Lee, E-J. (2006). The effects of utilitarian and hedonic online shopping value on consumer preference and intentions. Journal of Business Research. 59. pp.11601166.

Sari, DN, dkk. 2018, Pengaruh Trend Fashion Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Wanita Butik Ria Miranda Cabang Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 60 No. 1

Schiffman, Leon. G; Leslie Lazar Kanuk. 2004. Consumer Behavior. New Jersey : Pearson Prentice Hall,Inc

Soerjono Sukanto, Kamus Sosiologi, (Jakarta: Raja Graffindo, 2004), hal. 186.

Subagio, H. 2011. Pengaruh Atribut Supermarket terhadap Motif Belanja Hedonik Motif Belanja Utilitarian dan Loyalitas Konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran, 6 (1), April 2011: 8-21.

Sugiyono (2012) ‘Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D’, Bandung:Alfabeta. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Sugiyono (2015) ‘Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D’, Bandung: Alfabeta. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.

Tifferet, S., dan R Herstein. (2012) ‘Gender Differences in Brand Commitment, Impulse Buying and Hedonic Consumption. Journal of Product and Brand Management 21(3): 176-182




DOI: https://doi.org/10.32528/jsmbi.v11i2.2757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats