Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Hotel Ijen View Bondowoso

Stivani Yanti Atmanegara, Dwi Cahyono, Nurul Qomariah, Abadi Sanosra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, citra perusahaan dan lokasi terhadap kepuasan pelanggan  Hotel Ijen View Bondowoso. Populasi penelitian ini adalah seluruh pelanggan hotel Ijen View Bondowoso. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden orang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data yang diperoleh dapat akurat sesuai dengan perhitungan statistik. Analisis data diolah dengan menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan koefisien pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen  sebesar 0,42 dengan nilai p < 0,01. Koefisien pengaruh variabel citra perusahaan terhadap kepuasan konsumen  adalah 0,08 dengan nilai p 0,20. Koefisien pengaruh variabel lokasi terhadap kepuasan konsumen adalah 0,26 dengan nilai p< 0,01.

Keywords


kualitas pelayanan, citra perusahaan, lokasi, kepuasan konsumen dan loyalitas pelanggan

Full Text:

PDF

References


Djanas, Asmiati. 2016. “Kualitas Pelayanan Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Wisatawan.” JSM (Jurnal Sains Manajemen) Program V(2): 184–92.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Edisi Kelima Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Prenhalindo.

Kotler, Philip, and Gary Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Mowen, John C, and Michel Minor. 2001. Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Mulyawan, Ali, and Rinawati. 2016. “Pengaruh Kualitas Layanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Serta Implikainya Pada Loyalitas Mahasiswa.” 10(2): 119–31.

Qomariah, Nurul. 2012. “Pengaruh Kualitas Layanan Dan Citra Institusi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan.” Jurnal Aplikasi Manajemen 10(177–187).

———. 2016. Marketing Adactive Strategy. Jember: Cahaya Ilmu. https://www.researchgate.net/publication/326623130_MARKETING_ADACTIVE_STRATEGY.

———. 2018. “Impact of Customer Value, Brand Image and Product Attributes to Satisfaction and Loyalty Tourism Visitors in Jember Regency.” Mediterranean Journal of Social Sciences 8(5–1): 129–35.

Saputra, Falla Ilhami. 2013. “Kualitas Layanan , Citra Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan ( Studi Pada PT Bank Bni 46 Sentra Kredit Kecil Surabaya ).” Aplikasi Manajemen 11(3): 445–57.

Setyawati, Widya Agustin, Muhammad Rifai, and Chyo Sasmito. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan , Fasilitas , Harga Dan Citra Institusi Terhadap Kepuasan Pasien.” Madani, Jurnal Politik dan Sosial kemasyarakatan 10(2): 50–63.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Dwi Cahyono, and Nurul Qomariah. 2017. “ANALISIS KUALITAS PELAYANAN , KEPERCAYAAN SERTA CITRA KOPERASI TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS ANGGOTA.” Jurnal Sains Manajemen & Bisnis Indonesia 7(2): 157–74.

Tjiptono, Fandy, and Gregorius Candra. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.

Umar, Husien. 2005. Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.32528/jsmbi.v9i1.2375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats