Pengaruh Capital Expenditure, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas Dan Nilai Perusahaan Terhadap Struktur Modal (Studi Empiris Perusahaan LQ 45 di Bursa Efek Indonesia)

Muhammad Rijalus Sholihin, Via Lailatur Rizki, Imam Abrori

Abstract


Adanya manajemen dalam struktur modal, dapat mengalokasikan dana-dana yang dimiliki untuk kegiatan yang sesuai bagi kelangsungan hidup suatu perusahaan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh capital expenditure, ukuran perusahaan, profitabilitas dan nilai perusahaan terhadap struktur modal, baik secara parsial maupun simultan dengan metode analisis regresi linier berganda, populasi yang digunakan perusahaan pada LQ 45 di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017, dengan kriteria sampel sebanyak 50. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa secara parsial ada tiga variabel independen yang berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu X1_capital expenditure dengan nilai signifikansi 0.009 dikarenakan sifatnya yang menambah nilai aset tetap dan tidak selalu ada di dalam budgeting, sehingga sangat bedampak langsung terhadap modal, X2_ukuran perusahaan dengan nilai signifikasi 0,026 dikarenakan besarnya perusahaan menjadi reputasi penting dimata eksternal perusahaan untuk mendapatkan pinjaman yang besar dalam bentuk hutang, X3_profitabilitas dengan nilai signifikansi 0.025 dikarenakan perusahaan tidak menetapkan struktur modalnya berdasarkan besarnya manfaat dan pengorbanan yang timbul sebagai akibat dari penggunaan hutang untuk mendukung operasional perusahaan, sedangkan secara simultan keempat variabel independen berpengaruh signifikan dengan nilai signifikansi 0.003 yang dikarenakan keseluruhan variabel independen mampu meyakinkan pihak eksternal guna mendapatkan hutang dan menambah modal dengan nilai asset tetap, profitabilitas dan nilai saham yang tinggi, serta ukuran perusahaan yang besar.

Keywords


Capital Expenditure, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Nilai Perusahaan, Struktur Modal

Full Text:

PDF

References


Andriansyah, F., & Suharto, E. (2020). Pengaruh Struktur Aktiva, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di BEI Periode 2013-2017. Perbanas Review, 4(1).

Fadilah, R. D., & Ardini, L. (2020). Pengaruh Struktur Aktiva, Size Dan Sales Growth Terhadap Struktur Modal. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 9(5).

Fajrida, S., & Purba, N. M. B. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan Dan Pertumbuhan Aset Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(1).

Kalalo, M. C., Saerang, I. S., & Maramis, J. B. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Terhadap Struktur Modal Dan Nilai Perusahaan Plastik Dan Kemasan Yang Terdaftar Di BEI Periode 2013-2017. Jurnal emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(4).

Lilia, W., Situmeang, S. I. L., Verawaty, V., & Hartanto, D. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Perusahaan terhadap Struktur Modal Perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di BEI. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 4(2), 627-639.

Pebriyanti, N. K. D., Sukadana, I. W., & Widnyana, I. W. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aktiva, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Emas, 1(1), 11-19.

Purnasari, N., Simanjuntak, A., Sultana, A., Manik, L. M., & Halawa, S. R. (2020). Pengaruh Ukuran Perusahaan, GPM, Risiko Bisnis terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur di BEI. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 4(2), 640-647.

Setiawati, M., & Veronica, E. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aset, Ukuran Perusahaan, Risiko Bisnis, Pertumbuhan Penjualan, Pertumbuhan Perusahaan, Likuiditas Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Sektor Jasa Periode 2016-2018. Jurnal Akuntansi, 12(2), 294-312.

Veronika, D., Lisianda, E., Iphone, V., & Purba, M. N. (2020). Pengaruh Profitabitas, Likuiditas dan Struktur Aktiva terhadap Struktur Modal. JAD: Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan Dewantara, 3(1), 56-65.

Wijaya, B. S., & Ardini, L. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Growth Opportunity Dan Firm Size Terhadap Struktur Modal. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 9(2).

Wicaksono, R., & Mispiyanti, M. (2020). Analisis Pengaruh Profitabilitas dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai Variabel Mediasi. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 4(2), 396-411.

Wulandari, D. A., & Januri, J. (2020). Pengaruh Profitabilitas Dan Non Debt Tax Shield Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis, 20(1), 45-50.




DOI: https://doi.org/10.32528/psneb.v0i0.5207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Rijalus Sholihin, Via Lailatur Rizki, Imam Abrori

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISBN: 978-623-96253-2-0