K-Pop Merchandise Store (Perencanaan Pendirian Usaha Menjual Barang-barang Ikon Idol Korea)

Irena Puspi Hastuti, Erfan Effendi, Anita Anita

Abstract


Yeobo store adalah perencanaan usaha dibidang merchandise K-Pop yang memproduksi dan menjual barang Official yang di produksi oleh agensi idol tersebut maupun  barang Unofficial yang di produksi sendiri atau dari supplier yang menjual barang tersebut. Yeobo Store ini memiliki keunggulan dalam menjalankan usahanya yaitu dengan membuat Id Card  sebagai tanda pengenal konsumen  dan memiliki keistimewaan dengan memberi potongan harga setiap pembelian barang official. Kami melakukan promosi untuk produk kami melalui media elektronik berbasis Facebook,Instagram,Line,Whatsapp. Kami juga melihat potensi dalam bisnis ini dari unsur keunggulan pasar ,sebab lima tahun terakhir ini K-Pop sangat mendunia hingga menjadi globalisasi budaya  termasuk di Indonesia sendiri. Kegandrungan akan musik K-Pop  membawa dampak tersendiri bagi penggemarnya sehingga banyak pihak menjadikan ini sebagai peluang bisnis yang sangat besar baik dibidang Fashion,Kecantikan maupun Industrial.  Berdasarkan hasil analisis kelayakan usaha,maka dapat disimpulkan bahwa bisnis merchandise Yeobo Store dinyatakan layak untuk dijalankan dan memiliki peluang usaha yang sangat besar baik dimasa yang akan datang.


Keywords


Merchandise K-Pop, Barang official dan Unofficial,Budaya K-Pop

Full Text:

PDF

References


Veronika, Maria. 2018. “Eksploitasi Loyalitas Penggemar Dalam Pembelian Album K-Pop.” Koneksi 2 No 2:433–40.

Fadiati, A.& Purwana, D. 2011. Menjadi Wirausaha Sukses. 1st ed. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwana, D., Hidayat, N. 2016. Studi Kelayakan Bisnis. 1st ed. Jakarta: Rajawali.

Purwana, D., Hasan., M. 2017. Pengantar Ilmu Organisasi. 1st ed. Bogor: In Media.

Agustiani, Hendriati. 2002. “Perkembangan Remaja Menurut Pendekatan Ekologi Serta Hubungannya Dengan Konsep Diri Dan Penyesuaian Diri Pada Remaja.” Vol.9.No.1.

Nuryanto., Oktaviani, Femi. 2020. “Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Komunitas KPOP.” 2,No 1:239–48. Kartika, V. C. (2018). Gaya Hidup Penggemar EXO di Surabaya Terhadap Produk Merchandise Boyband EXO.

Purwana, d., Wibowo, A. 2017. Pendidikan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi. 1st ed. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sulaiman., Dwi, Ririn. 2020. “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan.” Vol6,No1:2442–3343.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen Teori Dan Penerapannya Dalam Pemasaran. 2nd ed. Jakarta: PT.Ghalia Indonsia.

Lastriani, Usman. 2018. “Interaksi Dunia Maya Antar Penggemar Boyband EXO.” Etnografi Indonesia Vol 3,No 1.




DOI: https://doi.org/10.32528/psneb.v0i0.5176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Irena Puspi Hastuti, Erfan Effendi, Anita Anita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISBN: 978-623-96253-2-0