Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Hutang Dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Kebijakan Dividen (Pada Perusahaan Sektor Industri Dasar Dan Kimia Tahun 2017-2019)

Miken Gusnawati Dewi, Mohamad Zulman Hakim, Dirvi Surya Abbas

Abstract


Kebijakan dividen merupakan keputusan apakah laba yang diperoleh perusahaan akan dibagikan kepada pemegang saham sebagai dividen atau akan ditahan dalam bentuk laba ditahan guna pembiayaan investasi dimasa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Hutang dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Kebijakan Dividen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuntitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2019. Sampel ditentukan menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh 36 sampel dengan jumlah 12 perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode analisis statistik deskriptif, analisi regresi data panel dan uji hipotesis dengan menggunakan program Eviews 9. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial profitabilitas berpengaruh terhadap kebijakan dividen sedangkan kebijakan hutang dan pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap kebijakan dividen.

Keywords


Profitabilitas, Kebijakan Hutang, Pertumbuhan Perusahaan, Kebijakan Dividen

Full Text:

PDF

References


Eksandy, A. (2018). METODE PENELITIAN AKUNTANSI DAN MANAJEMEN (M.Z. Hakim (ed.)). FEB UMT.

Ayu Novita Sari, K., & Komang Sudjarni, L. (2015). Pengaruh Likuiditas, Leverage, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Manufaktur Di Bei. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana.

Sejati, F. R., Ponto, S., Prasetianingrum, S., Sumartono, S., & Sumbari, N. N. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kebijakan Dividen. Berkala Akuntansi Dan Keuangan Indonesia. https://doi.org/10.20473/baki.v5i2.21480

Cisilia, A., & Amanah, L. (2017). PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, CASH POSITION, GROWTH DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi.

Agustina, L., & Andayani. (2016). Pengaruh Kinerja Keuangan, Ukuran Perusahaan, dan Pertumbuhan Perusahaan terhadap Kebijakan Dividen. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi.

Bansaleng, R., Saerang, I., & Tommy, P. (2014). Kebijakan Hutang, Struktur Kepemilikan Dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Dividen Pada Perusahaan Food and Beverage Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi.

Putu, N., Devi, Y., Made, N., & Erawati, A. (2014). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Leverage, Dan Ukuran Perusahaan Pada Kebijakan Dividen Perusahaan Manufaktur. Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Silaban, D. P., & Purnawati, N. K. (2016). Effect of Profitability, Ownership Structure, Company Growth and Business Effectiveness on Dividend Policy in Manufacturing Companies. E-Jurnal Manajemen Unud.

Putri, A. R. (2017). Pengaruh Kebijakan Hutang, Profitabilitas, Likuiditas, dan Kesempatan Investasi terhadap Kebijakan Dividen. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi.

Hardi, S., & Andestiana, R. (2018). Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Hutang dan Pertumbuhan Aset Terhadap Kebijakan Dividen (Pada Perusahaan Food And Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017). Dinamika Umt.

Bursa Efek Indonesia. (n.d.). https://doi.org/www.idx.co.id




DOI: https://doi.org/10.32528/psneb.v0i0.5159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Miken Gusnawati Dewi, Mohamad Zulman Hakim, Dirvi Surya Abbas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

ISBN: 978-623-96253-2-0