Optimalisasi Program Pengelolaan Hutan Kemasyarakatan (HKm) di Desa Aik Berik Kabupaten Lombok Tengah

M. Zaenul Muttaqin, Ardiyanto Ardiyanto, Edy Wahyudi

Abstract


Berkembangnya sejumlah kasus penebangan liar di kawasan hutan lindung membuat masyarakat Desa Aik Berik berinisiatif untuk menjaga kelestarian hutan bersama dengan pemerintah. Jangka waktu berlakunya program HKm selama 35 tahun, sementara aturan yang berlaku bagi aktor kebijakan atau stakeholder dalam program HKm mengalami banyak perubahan pada tataran organisasi.Lemahnya keterlibatan pihak-pihak bersangkutan dalam program HKm masih terkendala aturan kerjasama atau nota kesepahaman. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah belum optimalnya lembaga yang terkait implementasi program HKm dan belum optimalnya faktor penunjang implementasi program program HKmTujuan dari penelitian ini untuk mengoptimalkan kinerja lembaga yang terkait implementasi program program HKm dan mengoptimalkan faktor penunjang implementasi program HKm.Objek penelitian adalah pihak yang terlibat dalam program HKm. Penetapan dan pemilihannya dilakukan secara purpossive sampling. Ditetapkan 4 orang responden dan informan kunci yang dijadikan pakar pada penelitian ini. Pengumpulan data menggunakan teknik triangulasi untuk pengisian kueisioner (Analysis Hierarchy Process) AHP.Berdasarkan hasil penelitian didapatkan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) merupakan lembaga yang perlu ditingkatkan perannya dalam implementasi Program Pengelolaan Hutan Kemasyarakatan (HKm) di Desa Aik Berik Kabupaten Lombok Tengah, Peraturan perundang-undangan merupakan faktor penunjang yang perlu ditingkatkan dalam implementasi Program Pengelolaan Hutan Kemasyarakatan (HKm) di Desa Aik Berik Kabupaten Lombok Tengah.

Kata Kunci :Hutan Kemasyarakatan,  Kelembagaan, Faktor Penunjang Program, AHP

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Garjita, I Putu.2014. Strategi Pemberdayaan Masyarakat Kelompok Tani hutan Ngudi Makmur Di Sekitar Kawasan Taman Nasional Gunung Merapi. Jurnal Ekosains Vol. VI: Universitas Diponegoro.

Hamdi, Muchlis. 2014. Kebijakan publik (proses, analisis, dan partisipasi). Bogor: penerbit Ghalia Indonesia.

Keban, Yeremias T. 2008. Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik: Konsep, Teori dan Isu. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Kem itraan.Partnership Policy Paper no. 4/2011. dalamwww.kem itraan.or.id

KPHL Tastura.2014. Rencana Pengelolaan Hutan Jangka Panjang KPHL Model Tastura 2015-2024. Lombok Tengah: KPHL.

Moko, hidayat.2008. Menggalakan Hasil Hutan Bukan Kayu Sebagai Produk Unggulan. Vol. 6 No. 2: Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan

Rochmayanto, Yanto. 2003. Analisis Sistem Kelembagaan pada Hutan Koto Panjang, Riau. Vol. 5 No. 2: Loka Litbang HHBK Kuok.

Siagian, Sondang P.1986. analisis serta Perumusan Kebijaksanaan dan Strategi Organisasi. Jakarta: PT Gunung Agung

Singarimbun, Efendi 1997. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Stoner, James A.F. Wankel, Charles.1993. Perencanaan dan Pengambilan Keputusan dalam Manajemen. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suharto, Edi.2005. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: PT Refika Aditama.

Sumodiningrat, Gunawan.2007. Pemberdayaan Sosial. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 POLITICO