Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Politico merupakan media bagi para dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kualitas akademik dan non akademik melalui penelitian dan artikel tulisan.  Jurnal Politico merupakan upaya yang terus-menerus dan berkesinambungan dalam rangka meningkatkan kualitas penerbitan jurnal penelitian ilmiah sesuai dengan kriteria jurnal terakreditasi berdasarkan panduan yang dikeluarkan oleh Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Dirjen Dikti Depdikbud Republik Indonesia.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

1. Artikel direview oleh reviewer internal.

2. Setelah reviewer internal mereviewer artikel, kemudian artikel direview oleh reviewer eksternal/mitra bestari.

3. Apabila reviewer eksternal/mitra bestari memiliki revisi terhadap artikelnya, maka artikel dikembalikan kepada pihak pengelola jurnal.

4. Pengelola jurnal mengembalikan artikel kepada penulis.

5. Penulis merevisi artikel, dan menyerahkan kembali kepada pengelola jurnal.

 

Publication Frequency

Politico diterbitkan sejak tahun 2004 dengan frekuensi 2 kali setahun Maret dan September. Redaksi menerima karangan ilmiah tentang hasil penelitian, survey dan telaah pustaka yang erat kaitannya dengan bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Pernyataan Etika Publikasi

Tata Cara Penulisan Naskah

 

  1. 1.        Persyaratan Penulisan

a)      Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.

b)      Cara Penulisan nama ilmiah harus memperhatikan kaidah penulisan yang berlaku.

c)      Istilah dan nama yang berasal dari bahasa selain yang digunakan dalam naskah harus dalam bentuk italic atau garis bawah (underline).

  1. 2.        BentukNaskah.

a)      Naskahditulis 1 exp. Print out dan disket dengan MS Word, time new roman 12 dengan spasi rangkap, maksimal 24 halaman.

b)      Kertas berukuran A4 dengan tepi kiri 4 cm, atas 3 cm, kanan 3 cm, dan bawah 3 cm.

c)      Naskah belum pernah dimuat dalam jurnal atau publikasi lainnya.

  1. 3.        OrganisasiNaskah

a)      Judul ringkas dan jelas (maksimal 10 kata) dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris untuk naskah dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia untuk naskah dalam Bahasa Inggris.

b)      Nama peneliti ditulis di bawah judul naskah (tanpagelar), nama instansi, dan alamat email. Jika penulis lebih dari seorang, masing-masing diberi tanda*) dan keterangannya.

c)      Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris jika naskah dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia untuk naskah dalam Bahasa Inggris, masing-masing dengan “Kata Kunci” (“Key Word”) maksimal 5 kata.

d)      Pendahuluan, merupakan penjelasan kepada pembaca tentang latar belakang penelitian yang bersangkutan, alasan mengapa penelitian tersebut dilaksanakan, tujuan penelitian, dan kegunaan penelitian.

e)      Metode Penelitian. Berisi informasi tentang metode penelitian yang dilakukan (tempat, waktu, metode penelitian, analisis data, serta uji statistik yang digunakan).

f)       HasildanPembahasan

Hasil Penelitian, dikemukakan dalam bentuk table atau gambar dengan keterangan notasi hasil analisis statistik dan atau kualitatif yang digunakan.

Pembahasan, berisi pernyataan ringkas dan penting dari penemuan dan landasan teori yang melatarbelakanginya, sebagai hasil penelitian yang mengarah pada pengambilan kesimpulan.

Hasil penelitian dan pembahasan diungkapkan dalam satu rangkaian bahasan setiap parameter pengamatan yang dilakukan dalam penelitian.

g)      Kesimpulandan Saran. Kesimpulan, merupakan ringkasan dari hasil pembahasan dalam bentuk kalimat pendek, padat, dan disesuaikan dengan hipotesis. Saran dapat dilakukan dalam bentuk ucapan penghargaan atau terimakasih jika dipandang sangat diperlukan dan berkaitan langsung dengan penyandang dan pelaksanaan penelitian.

h)      Daftar Pustaka. Pengutipan pustaka dalam naskah hanya ditulis penulis dan tahunnya saja sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Penulisan pustaka dalam Daftar Pustaka dilakukan dengan urutan Nama Penulis, tahun terbit atau penulisan, judul tulisan, dan identitas atau penanggung jawab penerbitan tulisan yang diakhiri dengan kota penerbitan tulisan. Daftar pustaka diutamakan bersumber dari hasil penelitian (jurnal) paling lama 5 (lima) tahun terakhir, dan jika bersumber dari teks books paling lama 10 (sepuluh) tahun terakhir. Urutan pustaka dilakukan sesuai dengan alfabetis (abjad).

i)        Setiap penerbitan Jurnal Politico hanya tercantum satu kali untuksetiap orang, tidak dibenarkan untuk setiap orangnya tercantum lebih dari satu kali.

 

Naskah yang dimuat dalamJurnal Politico wajib membayarRp. 100.000,- (bagi pihak internal Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jember) danrp. 150.000,- (bagi pihak di luar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jember), masing-masing penulis berhak menerima 2 (dua) exp Jurnal yang diterbitkan. Penambahan jumlah exp yang diperlukan mengganti ongkos cetak senilai Rp. 75.000,- per exp.(Jawa) dan Rp. 100.000,- per exp. (LuarJawa).