STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN AIR MINUM DALAM KEMASAN (AMDK) AL QODIRI (Marketing Communication Strategy Water Bottle Al Qodiri)

Sampir Andrean Sukoco, Edy Wahyudi, Zarah Puspitaningtyas

Abstract


Strategi komunikasi pemasaran merupakan upaya penyampaian pesan yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk mengenalkan, menginformasikan, mempromosikan produk , atau  melakukan komunikasi persuasif agar produk yang di tawarkan dapat menarik konsumen untuk membeli. Strategi komunikasi pemasaran akan berjalan dengan baik apabila pesan yang disampaikan efektif dalam mempengaruhi konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh PT Tujuh Impian Bersama. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan cara mendepenelitiankan apa yang dilakukan perusahaan dalam strategi komunikasi pemasaran yang meliputi komunikasi produk, harga, tempat, dan promosi. Teknik penentuan informan menggunakan metode purposive, informan untuk penelitian ini berjumlah 3 orang yang dipilih peneliti karena memiliki kompetensi dibidangnya. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Metode analisis data mencakup reduksi data, kategorisasi data, dan sintesisasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bauran pemasaran menjadi strategi PT Tujuh Impian Bersama dalam melakukan komunikasi pemasaran produk air minum dalam kemasan  (AMDK) Al Qodiri. Promosi menjadi alat komunikasi pemasaran penting yang meliputi periklanan, penjualan personal, promosi penjualan, publikasi, dan pemasaran langsung.

Kata Kunci : Strategi komunikasi pemasaran, bauran pemasaran, bauran promosi


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Kertamukti, R. 2015. Strategi Kreatif Dalam Periklanan. Jakrta: PT Rajagrafindo Persada.

Kotler, P dan Gary A. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12, Jilid ke-2, Jakarta: Erlannga.

Kotler, P dan Kevin L. K. 2014. Manajemen Pemasaran. Edisi 13, Jilid ke-1, Jakarta: Erlangga.

Kusdi. 2011. Teori Organisasi dan Administrasi. Jakarta: Salemba Humanika.

Moleong, L. J. 2008. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. 2007. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Shimp, T. A. Eds. 2003. Advertising Promotion and Supplemental Aspect of Integrated Marketing Communications. University of South Carolina

Sugiyono. 2016. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Universitas Jember. 2016. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Universitas Jember. Jember: Jember University Press.

Zuhdi, F. U. 2011. Komunikasi Bisnis. Yogyakarta: Wahana Totalita Publisher.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 POLITICO