PERAN DINAS PETERNAKAN DAN PERIKANAN DALAM MENGEMBANGKAN USAHA PERIKANAN BUDIDAYA DI KECAMATAN TLOGOSARI KABUPATEN BONDOWOSO

Emy Kholifah R, Harnies Marika Pasa

Abstract


Penelitian ini yang berjudul Peran Dinas Peternakan dan Perikanan dalam Mengembangkan Usaha Perikanan Budidaya di Kecamatan Tlogosari Kabupaten Bondowoso ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dan dampak adanya perikanan budidaya bagi masyarakat.  Metode  penelitian  ini  menggunakan  pendekatan   kualitatif.  Sumber  data diperoleh dari beberapa tahapan yaitu melalui wawancara, pengamatan dan dokumentasi, kemudian analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data,  penyajian  data  serta  penarikan  kesimpulan.  Dari  hasil  penelitian  dapat  ditarik kesimpulan bahwa Peran Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bondowoso dalam mensosialisasikan program perikanan budidaya kepada pembudidaya di Kecamatan Tlogosari dengan menyampaikan informasi-inftor yaitu mengoptimalisasi pengelolaan dan pemasaran produksi perikanan, program pengembangan perikanan budidaya, mengembangkan kawasan budidaya laut, air tawar dan air payau, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan perikanan budidaya.

 

Kata Kunci: peran dinas peternakan dan perikanan, perikanan uidadaya


References


Dahuri L. 2003. Transformasi Model Penyuluhan Perikanan Menuju Pengembangan Kemandirian. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Emil Salim.1991. Pembngunan Berwawasan Lingkungan. Jakarta: LP3ES.

Huberman, dan Miles. 1992. cara Analisis Data Kulaitatif. Jakarta: Universitas

Indonesia Press. Huraerah, A. 2003. Isu Kesejahteraan Sosial (Di Tengah Ketidakpastian Indonesia). Bandung: CEPLAS (Centre for Political AND Local Autonomy Studies).

Islamy, Irfan. 2002. Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijaksanaan Negara. Departemen Pendidikan Nasional Universitas Brawijaya, Program Pasca Sarjana, Malang.

Kholifah, Emy. 2016. Prostitusi Masih Tetap Ada. Jember: LPPM Universitas Muhammadiyah Jember Press.

Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kulaitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Santoso, Amir 1993. Analisis Kebijakan Publik: Suatu Pengantar. Gramedia, Jakarta.

Siti Rochani. Budidaya Ikan Pekarangan. Azka Mulia Media. Jakarta.

Soeriatmadja. R.E. 2000. Pembangunan Berkelanjutan yang Berwawasan Lingkungan. Jakarta: Depdiknas.

. 2002. Pembangunan Berkelanjutan yang Berwawasan Lingkungan.

Jakarta: Depdiknas.

Soetomo. 2009. Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kualitatif dan R&D, Bndung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.32528/politico.v16i2.744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 POLITICO



View My Stats