KEBIJAKAN PENINGKATAN PROFESIONALISME DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI ROWOSARI 03 KECAMATAN SUMBERJAMBE KABUPATEN JEMBER

Tohadi Tohadi

Abstract


Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan Menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas V SD Negeri Rowosari 03 Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada siswa kelas V SD Negeri Rowosari 03 Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2016/2017, dikarenakan adanya permasalahan yaitu hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada pokok bahasan Ciri ciri Mahluk Hidup  masih rendah. Melalui media gambar permasalahan ini dicoba untuk diperbaiki dan ditingkatkan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tentang ciri  ciri mahluk hidup melalui penggunaan media gambar pada siswa kelas V SD Negeri Rowosari 03 Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Pada tahap observasi observer dan peneliti melakukan pengumpulan data dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran melalui penggunaan media gambar pada pelajaran IPA. Hasil belajar siswa pada tes akhir presentasi siswa tuntas belajar pada kondisi awal 55,18%  menjadi 68,18% pada siklus I dan meningkat menjadi 86,36%  pada siklus II. Nilai rata-rata juga mengalami peningkatan dari 57,50 pada kondisi awal menjadi 64,09 pada siklus I dan pada siklus II 70,00.

Kata kunci: Media gambar, ciri ciri mahluk hidup, hasil belajar.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Depdiknas, 2006, Pengembangan Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Depdiknas, Jakarta

Roesitawaty R, dkk. 2008, Ilmu Pengetahuan Alam, Jakarta: BSE

Departemen Pendidikan Nasional. (2002). Standar Kompetensi Guru Kelas SD-MI Program Pendidikan D-II PGSD. Jakarta. Depdiknas, Dirjen Dikti, Dit. P2TK-KPT

Departemen Pendidikan Nasional (2006) Kurikulum Berbasis Kompetensi Dasar, Jakarta : Universitas Terbuka

FKIP-UT. (2003) Studi Kelayakan Program S1 PGSD. Jakarta : Universitas Terbuka

Fontana, D (1981) Psychology Of Teacher London : A. Wheaton

Gagne, R.M (1985) The Conditions of learning and Thoery of intruction (4th ed) Orlondo : Holt Rinehart and Whinston

Suprayekti, Dkk. (2007)Pembaharuan Pembelajaran di SD, Jakarta : Univeritas Terbuka

Wardani, I.G.A.K, Kuswaya Wihardi, Noebi (2007) Penelitian Tindakan Kelas : Jakarta : Universitas Terbuka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 POLITICO