KONFLIK DALAM PENERTIBAN ASET MILIK PT. KERETA API JEMBER (Studi Deskriptif Relokasi Masyarakat di Sekitar Stasiun Jember Tahun 2014)

Edhi Siswanto, Moch Rizky Deria Putra

Abstract


Konflik merupakan gejala sosial yang serba hadir dalam kehidupan sosial. Sehingga konflik akan senantiasa ada dalam setiap ruang dan waktu. Salah satu bentuk interaksi sosial antara satu pihak dengan pihak lain di dalam masyarakat yang ditandai dengan adanya sikap saling mengancam, menekan hingga saling menjatuhkan.

 

Sejak tahun 2008, PT. KAI mulai melakukan penertiban rumah dinas yang berjumlah  sekitar  16.494  di  Jawan  dan  Sumatra.  Penertiban  ini  mengalami kendala bahkan menimbulkan kericuhan disejumlah tempat. Mulai dari perubahan bentuk usaha perkeretaapian masing meninggalkan sejumlah masalah, terkait dengan asset tetap berupa tanah dan rumah di atasnya, yang masih belum jelas status hukumnya. Permasalahan hukum tersebut menyebabkan terjadinya perselisihan antara PT. KAI (Persero) dan penghuninya, yang intinya terletak pada belum jelasnya status hukum atas asset tetap berupa tanah dan rumah di atasnya tersebut sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Tujuan dalam penelitian ini  adalah untuk  mengetahui  mengetahui  kebijakan  pemerintah  terkait  dengan konflik relokasi masyarakat di area rel kereta api dan mengetahui dampak atas kebijakan  bagi  masyarakat  di  area  rel  kereta  api.  Metode  penelitian  yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara secara langsung kepada responden dan observasi secara langsung ke lokasi penelitian.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan pemerintah terkait dengan konflik relokasi masyarakat di area rel kereta api yaitu memberikan kompensasi maupun lahan pengganti dari rumah dinas ataupun aset negara berupa tanah.   Tetapi   kebijakan   pemerintah   tersebut   juga   memiliki   dampak   bagi masyarakat di area rel kereta api yaitu kurangnya  kejelasan tempat tinggal dan kurangnya biaya ganti rugi.

 

Kata Kunci : Konflik Penertiban, Aset, PT. Kereta Api.


Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 POLITICO