PERAN JEMBER FASHION CARANAVAL (JFC) DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KABUPATEN JEMBER (SEKTOR PARIWISATA 2011-2015)

Ria Angin, Berry Balafif

Abstract


Pengembangan kepariwisataan di Indonesia saat ini sudah banyak mengalami kemajuan. Tidak hanya di daerah – daerah kota besar tetapi juga pengembangan kepariwisataan sudah masuk ke daerah – daerah kabupaten yang ada di indonesia. Sebagai salah satu negara maritim terbesar di dunia, Indonesia dipastikan memiliki banyak laut yang tersebar diseluruh Nusantara,dari Sabang sampai Marauke.Kabupaten Jember merupakan salah satu kabupaten kota yang ada di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Jember awalnya dikenal sebagai Kabupaten dengan penghasil sektor pertanian dan perkebunan. Kabupaten Jember juga memiliki kekayaan alam yang dijadikan tempat wisata oleh pemerintah setempat seperti, Watu Ulo, Pantai Papuma, Agro Gunung Gumitir, Rembangan dan lain sebagainya. Pemanfaatan kekayaan wisata alam tersebut sesungguhnya mampu untuk mendatangkan wisatawan agar berkunjung ke Kabupaten Jember, tetapi jika kita hanya berdiam diri didalam sektor pariwisata alam, tentunya terdapat wisata alam yang lebih baik dari Jember seperti Bali, Banyuwangi, dan kota – kota lainnya. Saat ini Jember memiliki satu produk wisata berbasis ekonomi kreatif yang sudah mendunia, Jember Fashion Carnaval. JFC merupakan salah satu produk lokal Jember (wisata budaya ekonomi kreatif) yang sudah mendapat pengakuan dari pemerintah pusat yang juga termasuk naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. JFC merupakan perpaduan antara produk fashion dan karnaval pertama di Indonesia, tak heran banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang datang berkunjung setiap tahunnya ke Jember, sehingga dapat menambah Pendapatan Asli Daeah kabupaten Jember. Selain itu JFC juga mampu menaikkan jumlah setoran pajak hotel dan pajak restoran, sebab para pengunjung wisatawan lokal maupum mancanegara akan menginap di hotel – hotel yang ada di Jember serta akan melakukan wisata kuliner mencicipi segala panganan khas yang ada di Kabupaten Jember. JFC juga memiliki tujuan agar mampu meningkatkan perekonomian rakyat kabupaten Jember dan mengangkat nama Jember ditingkat dunia.

 

Kata kunci: Peran, Jember Fashion Carnaval, Pendapatan Asli Daerah.


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ayu, Chandra. 2014. Jember Fashion Carnaval (JFC) Sebagai Ikon Pariwisata Kabupaten Jember. Surabaya: Fakultas Bahasa dan Seni, Jurusan SENDRATASIK, Prodi Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, Universitas Negeri Surabaya.

Haerah Kahar. 2014. Metode Penelitian Sosial. Jember, Universitas Muhammadiyah.

Haerah Kahar. 2015. Sistem Pemerintahan Daerah. Jember, Universitas Muhammadiyah.

Mardiasmo, 2002. Akuntansi Sektor Publik, Yogyakarta, Penerbit Andi.

Moleong, Lexy J, 2007. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.

SWA Magazine XXXI. 2015. Strategi Dynand Faris Membesarkan Jember Fashion Carnaval. Jakarta.

Venue Magazine 102. 2016. Event Kolosal 2015. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 POLITICO