KUALITAS PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KABUPATEN JEMBER (Studi Di Kelurahan Sumbersari Kecamatan Sumbersari)

Emy Kholifah, Ahmad Hafifi

Abstract


Berdasarkan observasi oleh penulis, menemukan fakta bahwa dalam pengelolaan dan pelayanan oleh PDAM Kabupaten Jember menemukan beberapa persoalan, pelayanan, yang dianggap oleh para pelanggan masih belum optimal maka oleh karena it penulis mengambil topik kajian tentang kualitas pelayanan di PDAM jember, studi kasus Di Kelurahan Sumbersari. Metode yang digunakan dalam kajian pustaka ini adalah diskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil kajian dapat disimpulkan bahwa: 1). Keandalan (reliability) PDAM Kabupaten Jember tidak signifikan bagi  kualitas pelayanan PDAM Kabupaten Jember. 2). Daya tanggap (responsiveness) PDAM Kabupaten Jember tidak signifikan bagi kualitas pelayanan PDAM Kabupaten Jember. 3). Jaminan (assurance) PDAM Kabupaten Jember tidak signifikan bagi kualitas pelayanan PDAM Kabupaten Jember, dan 4). Emphaty (kepedulian) PDAM Kabupaten Jember tidak signifikan bagi kualitas pelayanan PDAM Kabupaten Jember.

 

Kata kunci: Kualitas dan Pelayanan


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto Suharsimi. 2000. Manajemen Kajian Jakarta.

Atep Adya Barata. 2003. Dasar-dasar Pelayanan Prima. Gramedia. Jakarta.

Budi W.S. 1997. Service Quality : Alternatif Pendekatan dan Berbagai Persoalan di Indonesia. Usahawan No. 01. Th XXVI. Januari. Jakarta.

Mohamad Mahsun. 2006. Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta : BPFE.

Pabundu Tika. 2006. Budaya Organisasi dan Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jakarta : Bumi Aksara.

Ratminto & Atik Septi Winarsih. 2005. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Reza Surya dan Santosa Tri Hananto, 2004, Pengaruh Emotional Quotient Auditor Terhadap Kinerja Auditor di Kantor Akuntan Publik, Perspektif, Volume 9, Nomor 1.

Sofiah, Dewi. (2016). Perbandingan Penggunaan Poly Alumunium Chloride (PAC) dan Alumunium Sulphate (Tawas) Cair Pada Proses Pengolahan Air Bersih Di PDAM Jember. (accessed februari 29, 2017)




DOI: http://dx.doi.org/10.32528/politico.v17i2.1004

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 POLITICO

View My Stats