Peningkatan Kapasitas Guru Menjalankan Pembelajaran Masa Pandemi Di Taman Kanak-Kanak Daerah Tlogolelo, Kukap, Kulonprogo

Cahyo Setiadi Ramadhan, Siti Bahiroh

Abstract


Pembatasan kegiatan sosial, termasuk dalam bidang pendidikan, dilakukan untuk mencegah penyebaran virus penyebab covid-19. Pembatasan tatap muka di bidang pendidikan tersebut memunculkan berbagai tantangan. Di Taman Kanak-kanak (TK) Aisyiyah Bustnanul Atfal (ABA) Tlogolelo, kesulitan dialami oleh orang tua dan guru. Orang tua sering mengeluh dalam menjalankan sistem penugasan yang dibuat oleh sekolah. Guru-guru juga merasakan beban kerja tambah karena harus mengoreksi hasil penugasan. Untuk mengatasi kesulitan tersebut, dilakukan dua kegiatan yaitu peningkatan kemampuan guru dalam memproduksi konten pendukung pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Kegiatan kedua yaitu peningkatan kemampuan guru untuk menghadapi tantangan lingkungan dengan tenang sehingga rasa tertekan dapat berkurang. Selain itu, dilakukan juga peningkatan kapasitas orang tua untuk mendampingi pembelajaran anak dengan tenang di masa pandemi. Hal ini dikarenakan waktu anak selama pembatasan tatap muka di sekolah lebih banyak dihabiskan di rumah bersama orang tua. Orang tua menjadi faktor penting dalam keberhasilan pembelajaran. Setelah pelatihan, guru dapat mempraktikkan materi yang telah dipelajari dalam menjaga ketenangan diri dan produksi media pembelajaran. Orang tua yang telah mengikuti kegiatan juga dapat mendampingi anak dengan lebih tenang.


Keywords


Covid-19; Pembelajaran Jarak Jauh; Pendidikan Usia Dini

References


Aturan Lengkap Pembatasan Kegiatan di DI Yogyakarta, Berlaku 11-25 Januari 2021 Kompas.com - 11/01/2021, 07:56 WIB.Luthfia Ayu Azanella dan Inggried Dwi Wedhaswary https://www.kompas.com/tren/read/2021/01/11/075600365/aturan-lengkap-pembatasan-kegiatan-di-di-yogyakarta-berlaku-11-25-januari

Bandura, A. (1971). Social learning theory. New York: General Learning Press.Daftar 7 Provinsi dan 73 Kabupaten/Kota yang Berlakukan PPKM. CNN Indonesia. Senin, 11/01/2021 15:29 WIB. Mohamad Nur Asikin, Saifan. Zaking https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210111150933-20-592217/daftar-7-provinsi-dan-73-kabupaten-kota-yang-berlakukan-ppkm

Corey, G. (2017) Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Cengage Learning: Boston.

Disarankan Sekolah Tatap Muka Ditunda, Ini Kata Kemendikbud Rabu 30 Dec 2020 16:40 WIB Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Agus Yulianto https://republika.co.id/berita/qm5bd1396/disarankan-sekolah-tatap-muka-ditunda-ini-kata-kemendikbud

Gloster, A.T., Lamnisos, D., Lubenko J., Presti, G., Squatrito, V., Constantinou., M, et al. (2020) Impact of COVID-19 pandemic on mental health: An international study. PLoS ONE, 15(12): e0244809. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0244809

Kalat, J. W (2015). Introduction to psychology. New York: Cengage Learning.

Lazarus, R.S & Folkman, S. (1984). Stres appraisal and coping. Newyork : Springer Publishing

Mazza, C., Ricci, E., Marchetti, D., Fontanesi, L., Giandomenico, S. D. Verrocchio, M.C., & Roma, P. (2020) How Personality Relates to Distres in Parents during the Covid-19 Lockdown: The Mediating Role of Child’s Emotional and Behavioral Difficulties and the Moderating Effect of Living with Other People. International Journal of Environmental Research and Public Health 2020, 17, 6236; doi:10.3390/ijerph17176236

Matiz, A., Fabbro, F., Paschetto, A., Cantone, D., Paolone, A. R. & Crescentini, C. (2020) Positive Impact of Mindfulness Meditation on Mental Health of Female Teachers during the COVID-19 Outbreak in Italy. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17: 6450. doi:10.3390/ijerph17186450

Miltenberger, R. G. (2016) Behavior Modification: Principles and Procedures. Cengage Learning: Boston.

Pembelajaran Semester Genap, Kemendikbud Siapkan Alternatif. Mohamad Nur Asikin, Saifan Zaking. 1 Januari 2021, 15:46:00 WIB. https://www.jawapos.com/nasional/pendidikan/01/01/2021/pembelajaran-semester-genap-kemendikbud-siapkan-alternatif/

Polizzi, C., Lynn, S. J., Perry, A. (2020). Stres and coping in the time of COVID-19: Pathways to resilience and recovery. Clinical Neuropsychiatry: Journal of Treatment Evaluation, 17(2), 59–62. https://dx.doi.org/2397815357

PPKM Diberlakukan, Jumlah Sekolah Siap Belajar Tatap Muka Tinggal 14 Persen. Sabtu, 23 Januari 2021 11:20, Yunita Amalia https://www.merdeka.com/peristiwa/ppkm-diberlakukan-jumlah-sekolah-siap-belajar-tatap-tinggal-14-persen.html

PTKM DIY Diperpanjang, Jam Operasional Hingga 20.00 WIIB. Danar Widiyanto

Januari 2021 WIB. https://www.krjogja.com/berita-lokal/diy/ptkm-diy-diperpanjang-jam-operasional-hingga-20-00-wib/http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/3C3BD11E-983A-4489-ADC9-BF5557CD253D

Stavridou, A., Stergiopoulou, A., Panagouli, E., Mesiris, G., Thirios, A. Mougiakos, T., Troupis, T., … Tsitsika, A. (2020) Psychosocial consequences of COVID‐19 in children, adolescents and young adults: A systematic review. Psychiatry and Clinical Neurosciences, 74(11):615-616https://doi.org/10.1111/pcn.13134

Tim Komunikasi Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dan Pemulihan Ekonomi Nasional.13 Jan 2021. Satgas Covid-19: Kebijakan PPKM Upaya Menjamin Keselamatan Masyarakat. https://covid19.go.id/p/berita/satgas-covid-19-kebijakan-ppkm-upaya-menjamin-keselamatan-masyarakat

Xionga, J., Lipsitzc, O., Nasri, F., Lui, L. W. M., Gillc, H., Phan, L., Chen-Li, D., …, McIntyre, R. S. (2020) Impact of COVID-19 pandemic on mental health in the general population: A systematic review. Journal of Affective Disorders, 277: 55–64

Wu, Q., & Yanfeng, X. (2020) Parenting stres and risk of child maltreatment during the COVID-19 pandemic: A family stres theory-informed perspective. https://doi.org/10.1177/2516103220967937




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmi.v8i1.8005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats