Instalasi Sistem Pengairan Area Persawahan untuk Meningkatkan Produktivitas Tanaman Jagung

Tri Wahyono, M. Budi N, Fitroh Anugerah K, Rahmad K. Adi

Abstract


Lahan persawahan di Desa Ngleses sangat membutuhkan suplai air untuk kebutuhan proses pertanian. Para petani hanya mengandalkan air pada musim penghujan dan aliran irigasi. Pada musim kemarau, para petani hanya dapat mengambil air dari sungai menggunakan pompa yang dialirkan melalui pipa.  Petani harus mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk menyewa pompa dan memasang instalasi pipa yang digunakan, belum lagi waktu yang dibutuhkan sangat lama sehingga biaya yang dibutuhkan cukup mahal. Kegiatan pengabdian ini bertujuan membuat instalasi perpipaan untuk membantu petani lebih mudah dalam mendapatkan air saat mulai mengolah lahan pertanian. Pembuatan instalasi perpipaan ini dibantu oleh masyarakat sekitar sehingga proses pemasangan pipa dapat dilakukan dengan cepat. Hasil dari pembuatan instalasi pipa di area persawahan ini sangat bermanfaat bagi petani dan masyarakat sekitar Dusun Sidorejo, Desa Ngleses, Kec. Juwangi, Kab. Boyolali. Total panjang instalasi pipa yang terpasang yaitu 1050 m. Luas lahan yang mampu teraliri kurang lebih 10 hektar. Manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat adalah a) waktu penyiraman area tanaman jagung lebih singkat, b) biaya yang dibutuhkan untuk pengairan lebih murah, c) pengolahan lahan pertanian tidak bergantung pada musim penghujan, d) hasil panen yang didapat oleh petani juga lebih banyak.


Keywords


instalasi, perpipaan, area persawahan

References


Amri, A., Hasan, I., & Pasarai, M. (2019). Analisis Sistem Pipanisasi untuk Persawahan. Teknik Mesin" TEKNOLOGI", 19(1 Okt).

Angin, R., & Nusanto, B. (2020). Penguatan Kelembagaan Panti Asuhan Untuk Membangun Kemandirian Finansial Melalui Pelatihan Kewirausahaan. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 6(1), 1-8.

Azkia, R. (2016). Analisis Sistem Pengairan Sawah Masyarakat Gampong Bineh Blang Kabupaten Aceh Besar dalam Perspektif Akad Al-Musaqah (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Fuadi, N. A., Purwanto, M. Y. J., & Tarigan, S. D. (2016). Kajian kebutuhan air dan produktivitas air padi sawah dengan sistem pemberian air secara sri dan konvensional menggunakan irigasi pipa. Jurnal Irigasi, 11(1), 23-32.

Hariyanto. (2018). Analisis Penerapan Sistem Irigasi untuk Peningkatan Hasil Pertanian di Kecamatan Cepu Kabupaten Blora. Jurnal Civil Engineering. 2 (1), 29-34.

Kurnia, U. (2004). Prospek pengairan pertanian tanaman semusim lahan kering. Jurnal Litbang Pertanian, 23(4), 130-138.

Naharia, O., Saeni, M. S., Sabihan, S., & Burhan, H. (2005). Teknologi Pengairan dan Pengolahan Tanah pada Budidaya Padi Sawah untuk Mitigasi Gas Metana (CH4). Berita Biologi, 7(4), 173-180.

Pramono, G. E., & Andana, R. (2019). Analisis Kebutuhan Air Dan Pembangunan Sistem Pengairan Menggunakan Pompa Air Di Kampung Cengal Desa Karacak. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(3), 216-221.

Rahmandani, D., Triyono, J., & Ridwan, D. (2014). Desain Jaringan Irigasi Pipa pada Lahan Datar (Studi Kasus: Petak Tersier Pasir Salam 3 Kiri, Daerah Irigasi Panulisan–Cilacap). Jurnal Irigasi, 9(2), 75-85.

Ramadhan, M. R. (2015). Perencanaan Sistem Jaringan Perpipaan Bertekanan untuk Irigasi Padi Sawah di Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (Subang, Jawa Barat). Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor Bogor.

Subagyono, K. Dariah, A., Surmaini, E., Kurnia, U. (2004). Pengelolaan Air pada Tanah Sawah. Buku: Tanah Sawah dan Teknologi Pengelolaanya. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanah dan Agroklimat. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Departemen Pertanian.

Supadi, S. Pengkajian Penanganan Pemberian Air Irigasi di Petak Terisolir Ujung Saluran Irigasi pada Musim Kemarau. MEDIA KOMUNIKASI TEKNIK SIPIL, 17(1), 1-8.

Taufik, M., Nappu, B., & Djufry, F. (2014). Analisis pengelolaan air dalam usahatani padi pada lahan sawah irigasi di sulawesi selatan. Indonesian Agency for Agricultural Research and Development.

Zulkarnain, I. (2018). Irigasi dan Bangunan Irigasi. Repository LPPM Unila. Diakses dari http://repository.lppm.unila.ac.id/converted.pdf. 20/01/2021.




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmi.v7i1.5284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats