Sosialisasi Konstruksi Bangunan Sederhana Tahan Gempa

Hilfi Harisan Ahmad, Dani Widiyansah

Abstract


Letak  Indonesia  berada pada tempat yang rawan gempa yaitu Wilayah  Indonesia terletak pada tiga lempeng tektonik di dunia yaitu: lempeng Australia di selatan, lempeng Euro-Asia di barat dan lempeng Samudra Pasifik di timur yang dapat menunjang terjadinya sejumlah bencana. Terjadinya gempa dapat menimbulkan kerugian,seperti kerugian material dan korban jiwa. Untuk mengurangi terjadinya korban jiwa dapat dilakukan dengan membuat bangunan yang tahan terhadap gempa. Pengabdian masyarakat mengambil tema sosialisasi rumah sederhana dikarenakan banyak penduduk di daerah tersebut masih menggunakan rumah sederhana satu lantai. Agar pembahasan tidak melebar penulis memberi batasan masalah dalam sosialisasi ini hanya membahas bangunan sederhana satu lantai saja. Diharapkan dengan adanya sosialisasi tentang rumah sederhana tahan gempa ini masyarakat menjadi lebih paham akan pentingnya rumah yang sesuai dengan standar yang ditetapkan,sehingga tidak menjadikan gempa sesuatu yang menakutkan bila sudah dilakukan antisipasi sejak awal.


Keywords


Indonesia, bangunan,gempa

References


SNI 2847 Persyaratan Beton Struktural untuk Bangunan Gedung, 2019, Badan Standar Nasional Indonesia, Jakarta.

Agus Bambang Siswanto dan M Afif Salim (2018) Kriteria Dasar Perencanaan Struktur Bangunan Tahan Gempa. Jurnal Teknik Sipil UNTAG Semarang. Volume 11-2018

Edward Rizky Ahadian dan Erwinsyah Tuhuteru (2020) Evaluasi Bangunan Sederhana Tahan Gempa. Jurnal SIPILsains. Volume 10 Nomor 1 - Maret 2020

SNI 1726 Tata Cara Perencanaan Tahan Gempa Untuk Struktur Bangunan Gedung Dan Non Gedung, 2019, Badan Standar Nasional Indonesia, Jakarta.

Pedoman Teknis Rumah dan Bangunan Gedung Tahan Gempa dilengkapi dengan Metode dan Cara Perbaikan kerusakan, Juni 2006, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmi.v7i1.5269

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats