Prosesing Dan Legalitas Kopi Dalam Pemberdayaan UMKM Di Desa Panduman Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember

Wiwit Widiarti, Menik Chumaidah, Iskandar Umarie

Abstract


Desa Panduman merupakan salah satu desa di kecamatan Jelbuk  kabupaten Jember dengan ketinggian 700-800 m dpl. Ketinggian tersebut sangat cocok bagi budidaya kopi. Luasan kebun kopi di dusun Sumbercandik 293 Ha dan mayoritas dimiliki petani. Umumnya kopi yang dihasilkan belum mengalami pengolahan artinya dijual secara glondongan dengan harga yang sangat rendah, akibatnya sebagian petani mengalami kerugian. Permasalahan ini mendorong kami melalui pembentukan kelompok tani kopi (UMKM) untuk  meningkatkan nilai jual kopi melalui prosesing yang bersinergi dengan BUMD. Diskusi awal dilaksanakan pada bulan Pebruari dengan mendatangkan petani untuk menggali permasalahan yang sangat urgen, meliputi : belum adanya pengolahan kopi, banyaknya kotoran kambing dan keberlanjutan program. Program Kemitraan masyarakat stimulus menjawab permasalahan tersebut yang dilaksanakan selama 3 bulan dimulai  bulan Januari – Maret 2021 dengan dibantu  dua orang mahasiswa. Sosialisasi dan pelatihan  dilaksanakan pada tanggal 2 Maret 2021 di balai desa Panduman diikuti oleh 15 orang terdiri dari Karang Taruna, petani kopi dan BUMD. Materi yang disampaikan meliputi : Prosesing kopi, pembuatan biogas dan pembentukan kelompok Tani. Pendampingan dilakukan melalui diskusi di whast ap grup mengingat masih masa Pandemi Covid 19. Diharapkan melalui pelatihan, petani kopi dusun Sumbercandik dapat lebih sejahtera dengan meningkatnya nilai jual kopi.


Keywords


kopi, prosesing, dusun Sumbecandik

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik, 2019. Produksi Perkebunan Menurut Kecamatan dan Jenis Tanaman di Kabupaten Jember (ribu ton)

Bonita, J.S., Mandarano, M., Shuta, D. and Vinson, J., 2007. Coffee and cardiovascular disease: in vitro, cellular, animal, and human studies. Pharmacological research, 55(3), pp.187-198.

Ismayadi, C., Zaenudin. 2003. Pola produksi infestasi jamur, dan upaya pencegahan kontaminasi okratoksin-A pada kopi Indonesia. Simposium Kopi.




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmi.v7i1.5268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats