Bantuan Penyiapan Video Pembelajaran Youtube Sebagai Media Pembelajaran Daring untuk Guru TK IT Bina Insan Qur’ani Garut

Resti Sulastri, Syifaul Fuada

Abstract


Program pengabdian ini bertujuan agar guru di TK IT Bina Insan Qur’ani Kab. Garut, Jawa Barat, terbantu dalam menyediakan materi pembelajaran tematik yang lebih atraktif di masa Pandemi Covid-19. Guru sekolah mitra dituntut agar lebih kreatif dalam menyampaikan materi belajar sehingga pembelajaran tidak terkesan monoton dan tidak membosankan bagi siswa. Kendala yang ditemukan di sekolah mitra ialah kemampuan guru dalam hal literasi TIK masih kurang sehingga kesulitan dalam menyediakan media pembelajaran tema yang menarik. Guru memerlukan bantuan dari pihak lain yang kompeten. Pada program pendampingan ini, pelaksana membantu guru dalam menyediakan media pembelajaran daring pada tema yang diminta oleh guru, yaitu berupa video pembelajaran Youtube dengan materi “Tanaman Perdu” dan “Banjir”. Program pendampingan ini dilaksanakan mulai dari tanggal 23 November – 7 Desember 2020. Kegiatan diterima secara positif oleh sekolah mitra karena dapat membantu guru dalam menyediakan video pembelajaran tematik.


Keywords


Bantuan penyiapan pembelajaran daring; Video pembelajaran; Youtube; Guru TK

References


Andini, Y. T., & Widayanti, M. D. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Bias Yogyakarta. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 4(2), 206-216.

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414-421. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579

Fujiawati, F. S., Raharja, R. M., & Iman, A. (2020, November). Pemanfaatan Teknologi Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 3, No. 1, pp. 120-125).

Handayani, D. (2020). Pemanfaatan Media Youtube Pada Saat Pandemi Covid 19 untuk Media Pembelajaran Bahasa Inggris Dalam Meningkatkan Vocabulary dan Pemahaman Siswa. JUPENDIK: Jurnal Pendidikan, 4(2), 12-18.

Herman, H., Rusmayadi, R., & Herlina, H. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Taman Kanak-Kanak. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/16048

Nugraheni, A. S. (2020). Metode Pembelajaran Melalui Whatsapp Group Sebagai Antisipasi Penyebaran Covid-19 pada AUD di TK ABA Kleco Kotagede. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 126-130.

Atsani, L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82-93.

Maryatun, I. B. (2017). Pengembangan Tema Pembelajaran Untuk Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 41–47. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i1.15679

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230

Rindaningsih, I. & Linggowati, T. (2017). Pengembangan Jaring Tema dan Visualisasi Master Tema di PAUD. In: Seminar Nasional Pendidikan: Tema “Desain Pembelajaran di Era Asean Economic Community (AEC) Untuk Pendidikan Indonesia Berkemajuan”, 18 March 2017, Sun Hotel, Sidoarjo, East Java, Indonesia.

Mastura, M., & Santaria, R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Proses Pengajaran Bagi Guru dan Siswa. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(2), 289-295. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.2.2020.293

Sari, L. (2020). Upaya Menaikkan Kualitas Pendidikan Dengan Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Tawadhu, 4(1), 1074-1084.

Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633-640, https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574

Syahroni, M. (2020). Pelatihan Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Guna Peningkatan Mutu Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 170-178. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i3.28847




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmi.v7i2.4840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats