Pelatihan Kewirausahaan Dan Pengembangan Teknologi Pengolahan Kedelai Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Produksi Olahan Minuman Sari Kedelai Sebagai Bentuk Usaha Ekonomi Kreatif

Nely Ana Mufarida, Aditya Dimas Pratama

Abstract


Ibu-ibu rumah tangga istri karyawan UD. Arya Jaya terdiri dari 37% usia sangat produktif (25-40 tahun) yaitu masih mampu untuk melakukan banyak hal yang dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga. Tetapi kebanyakan hanya mengandalkan penghasilan suami untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari karena kurangnya ketrampilan dan informasi serta peluang usaha untuk meningkatkan pendapatan. Permasalahannya adalah usaha memproduksi minuman sari kedelai  masih menggunakan peralatan dapur sederhana sehingga usaha rumah tangga tersebut sifatnya hanya bisnis sampingan dan tidak dikelola dengan cukup baik maka tidak dapat berkembang menjadi penghasilan utama untuk menopang perekonomian keluarga. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini untuk membantu mitra masyarakat pengrajin minuman sari kedelai agar dapat memperbaiki aspek produksi secara kuantitas maupun kualitas sehingga mitra akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru mengenai pembuatan diversifikasi olahan minuman sari kedelai serta penghasilan lebih dari produk olahan minuman sari kedelai. Beberapa program untuk mengatasi masalah tersebut, antara lain: (1) Pengenalan teknologi alat mesin produksi minuman sari  kedelai sekaligus melatih mitra dalam mengoperasikan alat tersebut (2) Perancangan desain kemasan dan merk/label pada kemasan produk susu kedelai untuk memudahkan konsumen dalam mengenali produk yang akan dipilih (3) Melakukan analisis STP (Segmentation, Targeting and Product) untuk meningkatkan kualitas, nilai jual, dan strategi pemasaran minuman sari kedelai.


Keywords


Teknologi Pengolahan Kedelai, Minuman Sari Kedelai, Ekonomi Kreatif

References


Maharani, A dan Sholihah, D. 2018. Peningkatan Kualitas Produk Kerupuk Sebagai Komoditas Pangan Islami Pada Industro Kerupuk Di Kabupaten Jember. Laporan Akhir Program Kemitraan Masyarakat. Jember: Universitas Muhammadiyah Jember.

Rohmani, S., Yugatama, A., dan Prihapsara, F. 2018. Inovasi Minuman Sehat Berbahan Kedelai dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat melalui Wirausaha di Kabupaten Sukoharjo. Agrokreatif Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1):68-74.

Sofyan, A., Markhamah, Ikhsani, A.Y., Lestari, Septiana, N.A.D., Rahmawati, D.T., Nisa, Z.R., dan Rohman, G.J.N. 2018. Peningkatan Kapasitas Produksi dan Perbaikan Kualitas Produk Susu Kedelai Skala Rumah Tangga Melalui Program Kemitraan Masyarakat. Prosiding Seminar Pengabdian Kepada Masyarakat (Senadimas) 2018.




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmi.v7i1.4177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats