Kompetensi Literasi Infomasi Guru Paud Di Era 4.0: Antara Tuntutan Dan Realitas

Fitri Amilia

Abstract


Guru di era 4.0 berarti guru di era revolusi industry. Revolusi industri ditandai dengan kecepatan akses informasi digital. Dari kondisi ini, tuntutan menjadi guru di era 4.0 diharuskan memiliki kompetensi literasi informasi digital. Literasi tersebut ditandai dengan kemampuan mengolah dan mencari data secara digital. Namun, tuntutan tersebut tidak berjalan mulus dengan realitas yang ada. Masih banyak guru yang belum memiliki literasi informasi digital, terutama guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).  Hal tersebut menjadi data awal sebagai dasar pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PPM). PPM ini dilakukan pada guru PAUD yang tergabung dalam organisasi Pusat Kegiatan Gugus (PKG). Materi PPM meliputi penggunaan email secara efektif, penggunaan google drive, pencarian informasi teknologi dengan tepat. Meski belum menunjukkan perubahan yang signifikan setelah kegiatan PPM ini, namun melalui kegiatan ini, ada usaha dalam peningkatan kompetensi literasi informasi. Mereka dapat memanfaatkan pengetahuan dan informasi baru dalam mengolah dan mencari data secara digital. Perlu dukungan berbagai pihak untuk terus meningkatkan kompetensi literasi pada semua guru PAUD dengan berbagai kegiatan.

Keywords


Kompetensi literasi, guru, literasi informasi

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2017). Pembelajaran literasi: strategi meningkatkan literasi matematika, sain, membaca, dan menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Andri. (2009). Pengaruh penggunaan search engine, e-mail dan mailing list terhadap kualitas informasi yang dihasilkan dalam lingkungan Universitas Bina Darma Palembang. Jurnal Sistem Informasi, 1(3), 113-127.

Anshori, S. (2016). Strategi pembelajaran di zaman digital: Tantangan profesionalisme guru di era digital. Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII (pp. 194-202). Tangerang: http://repository.ut.ac.id/6491/1/TING2016ST1-18.pdf.

Harususilo, Y. E. (2018, November 26). https://edukasi.kompas.com. Retrieved from https://edukasi.kompas.com: https://edukasi.kompas.com/read/2018/11/26/19431351/dorong-pembelajaran-berbasis-teknologi-kemendikbud-gelar-isodel-2018

Johan, G. M. (2019, Maret 10). https://www.researchgate.net. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/322265378_MASYARAKAT_ERA_DIGITAL_DAN_PENDIDIKAN_ANTARA_PELUANG_DAN_TANTANGAN: https://www.researchgate.net/publication/322265378_MASYARAKAT_ERA_DIGITAL_DAN_PENDIDIKAN_ANTARA_PELUANG_DAN_TANTANGAN

Muhasim. (2017). Pengaruh teknologi digital terhadap motivasi belajar peserta didik. Palapa: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 53-77.

Ningrum, O. S., & Puspasari, D. (2015). Penggunaan aplikasi google drive sebagai penunjang paperless office OFFICE. Jurnal Mahasiswa Unesa, 1-15.

Oktaviandi, R., Dahliyusmanto, & Anhar. (2015). Pemanfaatan layanan google drive untuk menjalankan aplikasi pengontrolan peralatan listrik menggunakan usb comm port. Jom FTEKNIK, 2(2), 1-13.

Tim Pengembang Modul Pedagogi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019, Juni 20). https://ppgspada.brightspace.com/d2l/le/content/17100/Home?itemIdentifier=D2L.LE.Content.ContentObject.ModuleCO-2290799. Retrieved from https://ppgspada.brightspace.com/d2l/le/content/17100/Home?itemIdentifier=D2L.LE.Content.ContentObject.ModuleCO-2290799: https://ppgspada.brightspace.com/d2l/le/content/17100/Home?itemIdentifier=D2L.LE.Content.ContentObject.ModuleCO-2290799

Wartomo. (2016). Peran guru dalam pembelajaran era digital. Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII (pp. 266-275). Tangerang: http://repository.ut.ac.id/6500/1/TING2016ST1-26.pdf.




DOI: https://doi.org/10.32528/jpmi.v5i2.2936

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats