Strategi Masjid Jogokariyan Yogyakarta Dalam Mengenalkan Produk Lokal Dan Memotivasi Berwirausaha
Abstract
Pembangunan masjid yang mewah dan arsitektur yang megah belum tentu diimbangi dengan tekad yang kuat untuk memberikan solusi terhadap masyrakat sekitar. Hal ini berbeda dengan masjid Jogokariyan yang berada di daerah Yogyakarta. Program masjid Jogokariyan yang sangat membantu masyarakat dengan berwirausaha sangat membantu UMKM yang gulung tikar dan bangkrut. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis strategi yang diterapkan oleh Masjid Jogokariyan dalam upaya memberikan solusi kepada masyarakat sekitar dengan berwirausaha. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatf dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa untuk menciptakan motivasi berwirausaha pada masyarakat maka strategi yang dilakukan yaitu menciptakan slogan “Dari Masjid Membangun Umat” dengan tujuan dapat memberdayakan umat melalui program-program yang dilaksanakan oleh masjid. Adanya kegiatan seperti Ngaji Bisnis dan Jogostore dapat membantu dalam memberdayakan masyarakat dengan ikut menaikkan taraf pengetahuan, sosial dan kemakmuran yang berciri khaskan ke-Islaman. Mampu menggerakkan kembali majunya peradaban Islam lewat masjid merujuk seperti zaman masa keemasan umat Islam di masa lampau.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdullah Azzam, M. (2019). Manajemen Masjid Jogokariyan Yogyakartan Sebagai Pusat Kegiatan Masyarakat. Komunika: Juounal of Communication Science and Islamic Da’wah, 3(1), 197–205.
Adil, et al. (2013). Financial management practices of mosques in Malaysia. GJAT, 3(1), 23–29.
Afandi, Z. (2019). Strategi Pendidikan Entrepreneurship di Pesantren Al-Mawaddah Kudus. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 7(1), 55. https://doi.org/10.21043/bisnis.v7i1.5191
Aji, M. A. B. & R. T. H. N. (2019). Pemanfaatan Media Online Oleh Masjid Jogokariyan Yogyakarta Dalam Membangun Komunikasi Dengan Aktivis Dakwah Tahun 2017. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 91–105. https://doi.org/10.30596/interaksi.v3i2.3348
Cangara, H. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Danis, A., Rozza, D. S., & Romlah, R. (2022). Mosque Based Community Empowerment (Case Study: Jogokariyan Mosque). At-Ta’dib, 17(1), 160. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v17i1.7894
Darojat, W. (2014). Memfungsikan Masjid Sebagai Pusat Pendidikan Untuk Membentuk Peradaban Islam. Jurnal Islamadina, 13(2), 1–13.
Nurfatmawati, A. (2020). Strategi Komunikasi Takmir Dalam Memakmurkan Masjid Jogokariyan Yogyakarta. Jurnal Dakwah Risalah, 31(1), 21. https://doi.org/10.24014/jdr.v31i1.9838
Rosadi, B. F. (2014). Masjid Sebagai Pusat Kebudayaan Islam. Jurnal An Nur, 6(1), 127–148.
Rosyadi, S. (2019). Masjid Raudhatussyifa Di Lombok Pendekatan Trauma Healing Untuk Korban Gempa Lombok. (Skripsi, Universitas Islam Indonesia).
Setia, D. (2021). Konsep Ramah Anak Pada Kegiatan Pendidikan Di Masjid Ar Ramli Kelurahan Indrakasih Medan. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan).
Siskawati, Eka Ferdawati, S. F. (2016). Pemaknaan Akuntabilitas Masjid: Bagaimana Masjid dan Masyarakat Saling Memakmurkan? Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 7(1), 70–80. https://doi.org/10.18202/jamal.2016.04.7006
TAUFIQ, M., & Purnomo, M. (2018). Model Pemberdayaan Aset Wakaf Masjid Secara Produktif Di Masjid Jogokariyan Yogyakarta. Perada, 1(2), 129–139. https://doi.org/10.35961/perada.v1i2.18
Utama, I. G. B., & Mahadewi, N. M. E. (2018). Metodologi penelitian pariwisata dan perhotelan. Andi Offset.
Zaman, B. (2022). Strategi Kewirausahaan Yayasan Guna Meningkatkan Sumber Pembiayaan Pendidikan. 213–230. https://doi.org/10.30868/im.v4i02.480
DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v8i1.8909
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Muhammad Kiki Muzakki, Dwi Wulan Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Alamat Redaksi:
Jl. Karimata No. 49 Sumbersari Jember (Gedung A Lantai 1 Universitas Muhammadiyah jember)
View My Stats