PENGARUH ANTARA FAKTOR- FAKTOR KESULITAN BELAJAR DAN LATAR BELAKANG SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN TARBIYAH PROGRAM STUDI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM SEMESTER 1 STAIDA BLOKAGUNG -BANYUWANGI TAHUN AKADEMIK 2010 /2011

Saipul Wakit

Abstract


Dalam kegiatan pendidikan belajar di perguruan tinggi  tentunya banyak faktor yang mempengaruhinya, baik intern maupun ekstern yang mana faktor- faktor tersebut apabila tidak segera diketahui dan diatasi maka sangat berpengaruh terhadap hasil dan prestasi belajar mahasiswa. Di samping itu juga faktor latar belakang sosial ekonomi orang tua juga dapat mempengaruhi prestasi  belajar. Karena kondisi ekonomi orang tua yang mampu akan cenderung untuk dapat memenuhi semua kebutuhan pendidikan dan fasilitas belajarnya guna untuk meningkatkan prestasinya. Sedangkan untuk kondisi ekonomi kurang mampu   akan bersusah payah untuk memenuhi kebutuhan pendidikanya. Sehingga terlihat perbedaan yang mencolok antara mahasiswa yang berasal dari keluarga yang mampu dan yang kurang mampu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara faktor-faktor kesulitan belajar dan latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan tarbiyah program studi  manajemen pendidikan islam  (MPI) angkatan 2010/2011 semester ganjil Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam  (STAIDA)    Blokagung -Banyuwangi tahun akademik  2010 /2011. Populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa jurusan Tarbiyah program studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) angkatan 2010/2011 dengan jumblah seluruh populasi yaitu 50 orang. Setelah dilakukan analisa data yang dikumpulkan, peneliti menemukan bahwa pengaruh faktor- faktor kesulitan belajardan latar belakang social ekonomi orang tua  dengan nilai r 0,296 termasuk dalam kategori pengaruh yang rendah. Walaupun taraf signifikansinya rendah namun masih ada pengaruh atau kontribusi dari faktor-faktor kesulitan belajar dan latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar mahasiswa sebesar 8,96% dan yang 91,14% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa: Ada pengaruh yang signifikan  antara faktor-faktor kesulitan belajar dan latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar mahasiswa Jurusan Tarbiyah Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Angkatan 2010/2011 Semester ganjil  Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam (STAIDA) Blokagung Banyuwangi tahun akademik 2010/2011.

References


Ahmadi, A. 1990. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi, C. 1997. Belajar Yang Efektif Di Sekolah. Jakarta: Rineka cipta.

Ahmadi, A. dan Nur Uhbiyati . 2001. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta:. Rineka Cipta.

Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arimami, Dyah Dwi. 2009. Pengaruh Penyediaan Fasilitas Belajar Di Rumah Dan Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Vii Semester Ganjil Smp N 1 Yosowilangan Tahun Ajaran 2008/2009, universitas jember.

Darajat Zakiyah. 1995. Pendidikan Islam Dalam Keluarga Dan Sekolah, Bandung: Ruhama.

Diknas RI. 2003. Sistem Pendidikan Nasional UU No 20 Tahun 2003. Jakarta: Sinar Grafika.

Dimyati. dan Moedjiono. 2006. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Gerungan. W. A. 1996. Psikologi Sosial. Bandung: Eresco.

Ganda, Yahya. 2004. Petunjuk Praktis Cara Mahasiswa Belajar Di Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo Gramedia Widiasarana Indonesia.

Hasibun. dan Moedjiono. 2000. Proses belajar mengajar. Bandung: Remaja: Rosdakarya.

Hakim, Thursan. 2004. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swarta.

Hidayat. 1985. Pengertian, Batasan Dan Masalah Sektor Informal. Jakarta: Prisma.

Hidayat, Mansur. 2009. Pengaruh Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Darussalam Semester II Blokagung Karangdoro Tegalsari Banyuwangi Tahun Pelajaran 2008/2009. Sekolah Tinggi Agama Islam Darussalam.

Irawan. Suparmoko M. 2002. Ekonomika Pembangunan. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Koentjaraningrat. 1991. Metode Penelitian Masyarakat.. Jakarta: Gramedia.

Manning, C dan Effendi. T. J. 1991. Urbanisasi pengangguran dan sektor informal Di kota. Jakarta: Yayasan Obor.

Maglena. 2007. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan. Kumpulan makalah, (onlen), bab 2. hal 4, (http.//www.scribd.com/doc/46027726/ copy/0f makalah lengkap pidiatri sosial new 1, diakses 13 juli 2011.

Masdori dan Abdul Muhid 2008. Mahasiswa dan Tanggung Jawab Sosial., Makalah Yang Disajikan Dalam Pembekalan Materi Mapaba PMII di STAIDA Angkatan 2008/2009, Komisariat STAIDA, Blokagung 12 September 2008.

Nasution. 1995. Sosiologi Pendidikan . Jakarta: bumi aksara.

Purwodarminto. 1986. Kamus umum bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Supanto, 1990. Pola Pengasuhan Anak Secara Tradisional Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Parker, S. R. 1992. Sosiologi Industry. Jakarta: Rineka cipta.

Poerwanto, N. 1992. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Partanto, Pius dan Al Barry. M. Dahlan .1994. Kamus Ilmiah Popular. Surabaya: Arkola.

Sajogyo Pudjiwati. 1995. Sosiologi Pedesaan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Suhendi H Hendi. Wahyu Ramdani. 2000. Pengantar Study Sosiologi. Bandung:: Pustaka Setia.

Syah, Muhibin. 2002. Psikologi Pendidikan Dengan pendekatan Praktek. Bandung: Remaja rosdakarya.

Slameto. 2003. Belajar Dan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bumi aksara.

Syah, Muhibin. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Salam Burhanudin . 2004. Cara Yang Sukses Belajar Diperguruan Tinggi. Jakarta: Asdi Ahasatya.

Sudjana, Nana. 2005. Dasar- Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiono. 2008. Metodogi Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: . Alfabeta.

Sumardi, M. dan Evers, H.D. 1982. Sumber Pendapatan, Kebutuhan Pokok dan Prilaku Menyimpang. Jakarta: Rajawali.

Sadiman, Arief S. dkk. 1984. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, Dan Pemanfaatanya. Jakarta: Rajawali pers

Soeroto, M. A. 1986. Strategi Pembangunan Dan Perencanaan Tenaga Kerja. Yogyakarta: Gajah mada unervisity press.

Salam, Burhanudin. 2004. Cara Belajar Yang Sukses Di Perguruan Tinggi. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Saputra. 2006. Menjadi Mahasiswa Kuliah Itu Gampang, Tips Berprestasi Dan Trik Memenangkan Lomba Karya Tulis Ilmiah. Tanggerang: Visimedia.

Suhartik. 2006. (http://www.dot//status//com) Makalah Latar Belakang Social Ekonomi Terhadap Prestasi belajar. (onlene) (flower power by talkxhtml./blog at wordpress.com) diakses tanggal 6 juli 2011.

The Liong Gie. 1988. Belajar Yang Efisien. Yogyakarta: Pusat Kemajuan Study.

Tarsito. Ngalim Purwanto M. 1990. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Remaja Rosda karya.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomer 20 Tahun 2003. 2009. Sistem Pendidian Nasional (SISDIKNAS). Bandung: Wacana Adhitia Bandung.

Walgito, Bimo. 2006. Bimbingan dan penyuluhan di sekolah. Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fak. Psik. UGM.




DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v2i1.558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Saipul Wakit

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Jl. Karimata No. 49 Sumbersari Jember (Gedung A Lantai 1 Universitas Muhammadiyah jember)

 

View My Stats