Pendugaan Kebutuhan Air Tanaman Terhadap Tiga Rotasi Penanaman Padi, Jagung dan kedelai Dengan Istirahat Satu Minggu di Antara Tanam Dengan Aplikasi Cropwat

Abdul Jalil

Abstract


Pengelolaan air sangat penting untuk tanaman, pengelolaan air yang baik dapat meningkatkan produktivitas tanaman. Tulisan ini bertujuan untuk memperkirakan kebutuhan air tanamanpadi, jagung dan kedelai dengan menggunakan data skunder yang diperoleh dari website Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yakni data pada Stasiun Juanda Indonesia tahun 2013-2014 dengan bantuan software cropwat. Versi 8.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa setiap tanaman memiliki kebutuhan air yang berbeda pada setiap fase pertumbuhan yang dianalisis menggunakan aplikasi cropwat sepanjang tahun dengan jenis tanah bertekstur sedang. Kebutuhan air irigasi tanaman paling banyak pada tanaman padi dan terendah pada tanaman kedelai, Tren curah hujan tertinggi terjadi pada bulan Maret dekade ke-tiga dan Evapotranspirasi mengalami peningkatan mulai bulan Agustus dekade pertama sampai bulan November dekade ke-tiga seiring dengan meningkatnya suhu maksimum, intensitas radiasi matahari dan dekade kering (bulan kering).


Keywords


Kebutuhan Air Tanaman, Pajale, Rotasi, Cropwat

Full Text:

PDF

References


Asriasuri, H. (1998). Kebutuhan Air Tanaman Tebu Dan Hubungannya Dengan Cara Pemberian Air Secara Curah Dan Tetes (Water Requirement Of Sugarcane And Its Relation Witll Tile Sprinkle And Drip Irrigation System). Buletin Keteknikan Pertanian, 12(1), 1–11.

Enger, E. D., Smith, B. F., & Bockarie, A. T. (2000). Environmental science: A study of interrelationships (p. 434). Boston, MA: McGraw-Hill.

FAO (1976). A framework for land evaluation. Soils Bulletin, vol. 32. Food and Agriculture Organization of the United Nations, Rome, Italy

Hariyanti, K. S., Tanie, J., Yonny K., Rahmat H., dan Aris P. 2019. Penentuan Waktu Tanam dan Kebutuhan Air Tanaman Padi, Jagung, Kedelai dan Bawang Merah di Provinsi Jawa Barat dan Nusa Tenggara Timur. Peneliti Balai PenelitianAgroklimat dan Hidrologi, Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian. Jurnal Tanah dan Iklim Vol. 43 No. 1, Juli 2019: hlm 83-92.

Sirait, S., Linda A., Fachruddin. 2020. Analisis Neraca Air dan Kebutuhan Air Tanaman Jagung (Zea mays L.) Berdasarkan Fase Pertumbuhan Di Kota Tarakan. Study Program of Agroteknologi, Faculty of Agriculture, Borneo Tarakan University,Indonesia. ISSN 2085-2614.

Yang Y, LT Wilson, J Wang, and X Li. 2011. Development of an integrated cropland and soil data management system for cropping system applications. Computers and Electronics in Agriculture 76(1):105-118.




DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v6i1.5110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Abdul Jalil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Jl. Karimata No. 49 Sumbersari Jember (Gedung A Lantai 1 Universitas Muhammadiyah jember)

 

View My Stats