Pengaruh Budaya Organisasi Dan Knowledge Management Terhadap Kinerja Karyawan
Abstract
Kinerja karyawan sangatlah penting untuk mencapai ekonomi berbasis pengetahuan dan persaingan di era globalisasi. Salah satu bentuk usaha dari perusahaan untuk meningkatkan kinerja karyawannya yaitu dengan memperkuat budaya organisasi dan meningkatkan knowledge management. Terkait hal tersebut, perlu dilakukan penelitian mengenai budaya organisasi dan knowledge management agar dapat meningkatkan kinerja karyawan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa kuat budaya organisasi (X1), seberapa tinggi knowledge management (X2) dan seberapa bagus kinerja karyawan (Y) serta pengaruh budaya organisasi dan knowledge management terhadap kinerja karyawan Dana Pensiun Telkom. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif, nonprobability sampling dengan sampling jenuh. Penyebaran kuesioner dilakukan kepada 78 responden. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Knowledge management berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Budaya organisasi dan knowledge management berpengaruh secara simultan terhadap kinerja karyawan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afnan, E., & Silvianita, A. (2018). Pengaruh Knowledge Management Process Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Divisi Big Data PT Telkom Indonesia). e-Proceeding of Management, 5 (3), 3888-3894.
Akhavan, P., Sanjaghi, M.E., Rezaeenour, J. & Ojaghi, H. (2014). Examining The Relationships Between Organizational Culture, Knowledge Management and Environmental Responsiveness Capability. The Journal of information and knowledge management systems, 44(2), 228-247.
Athins., Nurwati., & Sinarwaty. (2018). The Influence of Work Discipline, Organizational Culture, and Work Environmental On Employee Performance. IOSR Journal of Business and Management, 20(8), 56-63.
Dahie, A.M., Takow, M.A., & Osman, M.M. (2016). Organization Culture and Employee Performance at Telecommunication Firms In Mogadishu-Somalia. International Journal in Commerce, IT & Social Sciences, 3(1), 30-41.
Dalkir, K. (2011). Knowledge Management in Theory and Practice Second Edition. London: The MIT Press.
Edison, E., Anwar, Y., & Komariyah, I. (2017). Manajemen Sumber Daya Mnausia Strategi dan Perubahan dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pegawai dan Organisasi. Bandung: Alfabeta.
Falah, A.S.N., & Prasetya, A. (2017). Pengaruh Knowledge Management Terhadap Kinerja Karyawan dan Kinerja Perusahaan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 50(4), 192-198.
Ha, S.T., Lo, M.C., & Wang, Y.C. (2016). Relationship Between Knowledge Management and Organizational Performance: A Test on SMEs in Malaysia. Procedia – Social and Behavioral Sciences, 224, 184-189.
Harmen, H., & Darma, M.T. (2018). Pengaruh Talent Management dan Knowledge Management Terhadap Kinerja Karyawan PT. Perkebunan Nusantara II (Survei Pada Kantor Direksi Tanjung Morawa). Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen, 4, 114-119.
Ilmaniar, H., & Djastuti, I. (2018). Pengaruh Budaya Organisasi dan Dukungan Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Knowledge Management Sebagai Variabel Intervening Di PT. Telekomunikasi Indonesia Witel Surabaya. Journal of Management, 7(3), 1-15.
Mochamadardiansyah., Wahyuadi, D., & Romadhon, H.A. (2017). Pengaruh Manajemen Pengetahuan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada Bank BJB Kantor Cabang Utama Jalan Braga Nomor 12 Bandung). E-Proceeding of Management, 4(3), 2442-2449.
Nisa, R.C., Astuti, E.S., & Prasetya, A. (2016). Pengaruh Manajemen Talenta dan Manajemen Pengetahuan Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur, Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 39(2), 141-148.
Octavia, H.V., & Susilo, H. (2018). Pengaruh Manajemen Talenta Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT Pertamina Geothermal Energy Area Ulubelu). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 60(2), 186-191.
Rezvani, M., Ghods, M.A., Farid, H., & Salehi, S. (2013). Identifying the Impact of Organization Culture on Knowledge Management. Middle-East Journal of Scientific Research, 18(5), 708-716.
Tjakraatmadja, J.H., Sushandoyo, D., & Kristinawati, D. (2015). Peran Penting Knowledge Management dalam Mewujudkan Ekonomi Berbasis Pengetahuan. M&E, 13(1), 4-11.
DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v5i2.3657
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Ary Ferdian, Alya Rismi Devita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Alamat Redaksi:
Jl. Karimata No. 49 Sumbersari Jember (Gedung A Lantai 1 Universitas Muhammadiyah jember)
View My Stats