Efektifitas Media Instagram Dan E-Wom (Electronic Word Of Mouth) Terhadap Minat Beli Serta Keputusan Pembelian
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung media instagram minat beli dan Electronic word of mouth (E-wom) terhadap keputusan pembelian konsumen Restoran Momomilk. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) dimana pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 110 responden yang pernah berkunjung ke Restoran Momomilk. Hasil kuesioner tersebut diuji menggunakan LISREL 8.72. Hasil menunjukkan bahwa media instagram dan Electronic word of mouth (E-wom) berpengaruh langsung signifikan terhadap minat beli konsumen. Namun, media instagram dan Electronic word of mouth (E-wom) tidak berpengaruh langsung signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian bahwa adanya variabel mediasi minat beli dapat berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan adanya hasil pada indikator minat beli konsumen berpengaruh langsung signifikan terhadap keputusan pembelian di Restoran Momomilk.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Durianto, D. e. (2003). Inovasi Pasar Iklan dengan Iklan Yang Efektif: Strategi Program. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Endhar, W. P. (2016). Pengaruh Diskon Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 38.
Eryta, A. P. (2013). APLIKASI INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE SHOP. Skripsi.
Ferdinand, A. T. (2006). Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghyanti, K. F. (2016). Efektifitas Promosi Produk Organik “Bee Organic Food” Melalui Media Sosial Instagram. Skripsi.
Goyette et.al, I. (2010). e-WOM Scale: Word-of-Mouth Measurement Scale for content. Canadian Journal of Administrative Sciences Vol.27 Issue 1.
Huang, Jen Hung, Teng Tai Hsiao, dan Yi Fen Chen. 2012. “The Effect of Electronic Word of Mouth on Product Judgment and Choice: The Moderating Role of The Sense of Virtual Community”. Journal of Applied Social Psychology. Vol. 42, hal 2326-2347.
Henning- Thurau, K. P. (2004). Electronic Word of Mouth Via Consumer Motivates Consumer to articulate Themeselve on The Internet. Journal of Interactive Marketing.
Hidayati, H. A. (2013). ”Faktor-Faktoryang Membentuk Komunikasi Word-of-Mouth dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan pembelian(Studi Pada Konsumen Ketan Legenda Batu) . Jurnal bisnis.
Indra, D. (2012). Modul Pelatihan Structural Equation Modeling: Teori dan Aplikasi. 2012. Bogor.
Irfan, M. (2014). Efektivitas Pengguna Media Sosial Twitter Sebagai Media Komunikasi
Pemasaran Strike Courier Di Semarang. eJournal Ilmu Komunikasi, Volume 2,
No. 2.
Johar, D. S. (2015). Pengaruh Aida (Attention, Interest, Desire, Action) Terhadap Efektifitas Iklan Online (Survei Pada Pembeli Di Toko Online Adorable Project). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 26 No. 1.
Kotler, K. L. (2008). Marketing Manajemen, Edisi Ketiga Belas, Jilid 1 dialihbahasakan oleh Bob Sebran MM. Jakarta: Erlangga.
Kurniawan, H. (2015). Efektivitas Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Batik Solo " Inasinul". Skripsi.
Laksmi, A. A. (2016). Pngaruh Electronic Word Of mouth (Ewom) Terhadap Minat Beli Followers Instagram pada Warunk UPNORMAL. Jurnal Computech & Bisnis Vol.10,No 2 78-88-ISSN 2442-4943.
Malik. Ghafor. (2013). Impact Of Brand Image and Advertisement On Consumer Buying Behavior . Worid Applied Sciences Journal Vol. 23 (1), 117-12.
Mustika Sari, V. (2012). Pengaruh Electronic word of mouth di sosial Media twitter terhadap minat beli konsumen holy cow steak. Skripsi.
Permatasari, G. (2016). Efektivitas Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Produk Olahan Pertanian "Yogurt Cimory. Skripsi.
Pratama, A. H. (2017, januari). Perkembangan Pengguna internet Di Indonesia Tahun 2016 Terbesar Di Dunia. Retrieved from id.techinasia.com: https://id.techinasia.com/pertumbuhan-pengguna-internet-di-indonesia-tahun-2016
Ramadhan, M. G. (2016). The Influence Of Social Stressors On Job Performance With The Role Of Strain As Mediator In BTN Bogor (Skripsi). Skripsi.
Saputra, R. A. (2015). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Pada Mr. Weed Barbershop. Jurnal.
Sarjono, W. J. (2015). STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM). Salemba Empat.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Wijanto, S. H. (2008). Structure Equation Modeling dengan LISREL 8.8. Graha Ilmu.
Wijaya, E. L. (2014). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Keputusan Pembelian Kamera Dslr. Jurnal Bisnis.
we are sosial.com. (2017). Retrieved from https://id.techinasia.com/pertumbuhan-pengguna-internet-di-indonesia-tahun-2016.
Yamin, S., & Kurniawan, H. (2009). Struktural Equation Modeling Belajar Lebih Mudah Teknik Analisis Data Kuesioner dengan Lisrel-PLS. Jakarta: Salemba Infotek.
Zhang, J. M. (2010). Arctic sea ice response to atmospheric forcings with varying levels of anthropogenic warming and climate variability, geophysical research letters, vol. 37, l2050.
DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v5i1.3024
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Luthfiyatillah Luthfiyatillah, Afifah Nur Millatina, Sitti Hamidah Mujahidah, Sri Herianingrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Alamat Redaksi:
Jl. Karimata No. 49 Sumbersari Jember (Gedung A Lantai 1 Universitas Muhammadiyah jember)
View My Stats