Pemanfaatan Aplikasi Lectora Inspire Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Pelajaran Bahasa Arab

Adam Mudinillah

Abstract


Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan sangat membantu bagi pendidik dalam meningkatkan motivasi dan prestasi siswa karena pendidik sebagai perencana pembelajaran dituntut untuk dapat merancang pembelajaran dengan memanfaatkan berbagai jenis media dan sumber belajar yang tepat sehingga proses pembelajaran secara efektif dan efisien. Penggunaan media pembelajaran interaktif adalah salah satu cara yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Pelajaran bahasa Arab yang masih mengandung banyak bahan abstrak, media pembelajaran interaktif dapat mewakili apa yang belum bisa dikatakan oleh pendidik dan proses pembelajaran akan lebih efektif dan efisien. Melalui aplikasi yang menginspirasi Lectora, seorang pendidik dapat dengan mudah mengembangkan media pembelajaran interaktifnya sendiri, sehingga dapat disesuaikan dengan lingkungan, situasi, dan kondisi siswa.


Keywords


aplikasi lectora inspire; media pembelajaran; bahasa arab

References


Basman T. (2017). Membuat Aplikasi dan Media Pembelajaran Interaktif with Lectora Inspire. Yogyakarta: IGI DIY.

Hamidah, N & Indah, R.A.S. (2018) Media Pembelajaran Interaktif Berbantu Software Lectora inspire. Desimal: Jurnal Matematika, 1 (2), 237-244 DOI: 10.24042/djm.v1i2.2583.

Hasruddin. (2009). Peran Multimedia dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Tabularasa PPS Unimed; 6 (2), 149-160. http://digilib.unimed.ac.id/710/1/Peran%20multi%20media%20dalam%20pembelajaran%20biologi.pdf.

Tay Vaughan. (2011). Communication and Computing for Distributed Multimedia System. Artech House Inc, MA, New York Chicago San Francisco Lisbon London.

Nandi. (2006). Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Geografi Di Persekolahan. Jurnal: “GEA” Jurusan Pendidikan Geografi; 6 (1), 1-9 DOI: 10.17509/gea.v6i2.1741.

Nunu. M. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran) Jurnal Pemikiran Islam; 37 (1), 27-35. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/article/view/310.

Rusman. (2005). Model-model Multimedia Interaktif Berbasis Komputer, P3MP, UPI.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer: Mengembangkan Profesionalisme Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Sholeh. F (ed). Merancang Desain Multimedia Pembelajaran Interaktif Menggunakan Sofware Lectora Inspire. Yogyakarta: Aura Pustaka, 2015.

Smaldino. S. E., Lowther., Deborah L; & Russell. J. D. (2012). Instructional Technology and Media for Learning. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Education, Inc.

Surya. M. (2012). Definisi Multimedia. https://www.scribd.com/doc/78329342/Definisi-Multimedia di akses 10 Agustus 2019.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v4i2.2462

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Adam Mudinillah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Jl. Karimata No. 49 Sumbersari Jember (Gedung A Lantai 1 Universitas Muhammadiyah jember)

 

View My Stats
slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor