Strategi Positioning Dalam Upaya Membangun Brand

Leonardo Budi Hasiholan, Yunni Rusmawati DJ

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara memposisikan produk di benak konsumen. Dengan menyusun strategi positioning, rumah makan Ayam Bakar Wong Solo Semarang akan lebih dikenal, mudahdiingat dan mempunyai tempat tersendiri dalam benak konsumen.Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Semarang adalah salah satu Rumah Makan yang disukai masyarakat hingga di luar negeri.Keberhasilan dari Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo ini adalah salah satu hasil daristrategi pemasaran yang dijalankan. Strategi pemasaran yang baik akan menjadi penentusuksesnya pemasaran sebuah produk.Untuk dapat merancang konsep positioning yang baik, dilakukan kegiatan penelitian. Dalam penelitian ini dilakukan tiga analisa, yaitu analisa profilkonsumen, analisa perilaku pembelian konsumen dan analisa diferensiasi.Strategi positioning yang disarankan adalah rumah makan Ayam Bakar Wong Solo Semarang diposisikan sebagai rumah makan tradisional dengan nuansa islamiyang menyediakan menu-menu masakan yang halal lagi baik (halalan thayyiban)atau diposisikan sebagai rumah makan dengan nuansa tradisional khas Jawa yangcocok sebagai tempat kumpul keluarga dengan target market masyarakatperkotaan dengan kelas ekonomi menengah atas.Metode penelitian menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus.Pengumpulan data dilakukan melalui indepth interview. Hasil dari penelitian ini adalahrumusan upaya-upaya strategi positioning dengan 3 analisis. Kesimpulan yang dihasilkan, penerapan analisa profil konsumen, analisisa perilaku pembelian konsumen dan analisa diferensiasi.

Kata Kunci : strategi positioning; strategi pemasaran;  produk;  konsumen

 

ABSTRACT:

This study aims to find out how to position the product in the minds of consumers. By formulating a positioning strategy, the Semarang AyamBakar Wong Solo restaurant will be better known, easy to remember and has its own place in the minds of consumers. Solo Wong Solo Roasted Chicken Restaurant is one of the preferred restaurants in overseas communities. The success of this Solo Wong Roasted Chicken Restaurant is one of the results of the marketing strategy that is being carried out. A good marketing strategy will determine the success of marketing a product. To be able to design a good positioning concept, research activities are carried out. In this study three analyzes were conducted, namely analysis of consumer profiles, analysis of consumer buying behavior and differentiation analysis. The suggested positioning strategy is the AyamBakar Wong Solo Semarang restaurant which is positioned as a traditional restaurant with an Islamic nuance that provides more good halal dishes (halalanthayyiban) or positioned as a restaurant with traditional Javanese nuances which is suitable as a family gathering place with target market for urban communities with upper middle economic class. The research method uses a qualitative case study approach. Data collection is done through in-depth interviews. The results of this study are the formulation of positioning strategies with 3 analyzes. The resulting conclusions, the application of consumer profile analysis, analysis of consumer purchasing behavior and differentiation analysis.


Keywords


positioning strategies; marketing strategies; products; consumers.

Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofjan, 2004, Manajemen Pemasaran,Jakarta: Rajawali Press

Aziz, 2018, The Impact of financial inclusive forensuring approprite the customer satisfaction index (csi) and Importance Analyze (IPA) of CSR program in SME’s Batik lasem.

Basu Swastha dan Handoko, 1997, Manajemen Pemasaran Perilaku Konsumen, Edisi 3, Yogyakarta: Liberty

Bimo Walgito, 1987, Manajemen. Jakarta: Aneka Ilmu

Fandy Tjiptono, 1995, Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Andi Offset

Fandy Tjiptono, 2007, Strategi Pemasaran, Edisi kedua. Yogyakarta: Andi offset

Fandy Tjiptono, 2007, Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen dengan Perilaku Konsumen sebagai Variabel Intervening, h.5, diakses tanggal 25 Agustus 2018, dari eprints.dinus.ac.id>jurnal_11456

Ferrel, Pride, 1995, Pemasaran: Teori dan Praktek Sehari-Hari, Edisi VII, Jilid I. Jakarta: Binapura Aksara

Gitosudarmo, Indriyo, 2000, Manajemen Pemasaran, Edisi kedua, Cetakan keenam. Yogyakarta: BPFE

Gunawan, Imam, 2013, Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara

Hermawan Kartajaya, 2004, Seri 9 Elemen Marketing: Hermawan Kartajaya onPositioning. Mizan Pustaka

Keegan and Green, 2008, Global Marketing, Edisi 5. London Pearson Education

Kotler and Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua belas. Jakarta: Indeks

Lupiyoadi, Rambat, 2006, Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua, Jakarta: Salemba Empat

Miles, Matthew dan Huberman, A, Michael, 1992, Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI Press

Narbuko dan Achmadi, 2013, Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara

Notoatmodjo, 2003, Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Ratminto dan Winarsih, 2005, Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: PustakaPelajar




DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v4i2.2460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Leonardo Budi Hasiholan, Yunni Rusmawati DJ

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Jl. Karimata No. 49 Sumbersari Jember (Gedung A Lantai 1 Universitas Muhammadiyah jember)

 

View My Stats