Strategi Pemasaran Pasca Pandemi Covid-19 Pada UMKM Mie Nyaman Rembangan, Jember

Ipung Dwiansyah, Budi Santoso, Nursaidah Nursaidah

Abstract


Pada saat pasca pandemic covid-19 di indonesia sangat berdampak pada kelangsungan kehidupan masyarakat, salah satunya pada sektor perekonomian seperti para pelaku usaha mikro, kecil serta menengah (UMKM). Agar usaha Mie Nyaman dapat bertahan dan bersaing untuk mencapai tujuan yang tepat, maka dibutuhkan strategi. Strategi yang dirumuskan dengan mengidentifikasi lingkungan internal dan eksternal dari usaha UMKM tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang digunakan untuk merumuskan alternatif strategi bisnis yang tepat untuk diterapkan oleh Mie Nyaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT, dan matriks QSPM. Matriks IFE dan EFE menunjukkan respon terhadap kondisi internal yang kuat dengan selisih nilai 1,66 dimana faktor kekuatan lebih dominan dan respon terhadap kondisi eksternal yang tinggi dengan selisih nilai 0,99 dimana dominan terhadap peluang. Matriks IE menunjukkan posisi Mie Nyaman berada pada kuadran satu yaitu tumbuh dan membangun. Matriks SWOT menghasilkan tujuh alternatif strategi dengan prioritas strategi yaitu melakukan pengembangan dan inovasi produk yang diperoleh dari hasil analisis matriks QSPM

Keywords


IFE; EFE; IE; SWOT; QSPM

References


Afandrianti Maulida, Y., & Habiburahman, H. (2022). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN KERIPIK PISANG DI ERA PANDEMI COVID-19 (STUDI PADA UMKM KERIPIK SUMBER REZEKI). SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(4), 303–314. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i4.34

Azzahra, Y. I., Akhbar, M. A., Riadina, A. M., Nurjani, F. N., & Lazuardi, G. M. (2021). Analisis Strategi Penetrasi dan Pengembangan Pasar dalam UMKM. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 3(4), 269–274. https://doi.org/10.35899/biej.v3i4.333

Budiarti, I., Wahab, D. A., & Soedarso, S. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Global. Yogyakarta. Pustaka Fahima.

David, F. R. (2011). Manajemen strategis:Konsep, Edisi 12 BUKU-1. Salemba Empat.

Hunger, J. D., & Wheelen, T. L. (2011). Essentials of strategic management. Pearson education, Inc.

Kotler dan Amstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran: Vol. Jilid 1 dan 2. (Edisi 12). erlangga.

Kotler dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran: Vol. Jilid I (Edisi ke 13). Erlangga.

Krismiyati, K. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri Inpres Angkasa Biak. Jurnal Office, 3(1), 43–50.

Nasab, H. H., & Milani, A. S. (2012). An improvement of quantitative strategic planning matrix using multiple criteria decision making and fuzzy numbers. Applied Soft Computing, 12(8), 2246–2253.

Putri, N. E., Astuti, R., & Putri, S. A. (2014). Perencanaan Strategi Pengembangan Restoran Menggunakan Analisis Swot Dan Metode Qspm. Jurnal Industria, 3(2).

Putri, Z. E., Labibah, N. K. N., Baidlowi, Z. F. I., Sari, D. N., Asmaranti, K. F., & Abiyasa, I. A. (2021). Strategi Penetrasi Pasar Untuk Meningkatkan Daya Saing Perusahaan E-Commerce Di Indonesia. JMB : Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 10(1), 216–220. https://doi.org/10.31000/jmb.v10i1.4232

Rangkuti, F. (2009). Strategi promosi yang kreatif & analisis kasus integrated marketing communication. Gramedia Pustaka Utama.

Reid, R. D., & Bojanic, D. C. (2009). Hospitality marketing management. John Wiley and Sons.

Rizkia, A., & Novi Irama, O. (2022). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kenaikan Pendapatan pada UMKM Budidaya Jamur Tiram di Desa Bandar Labuhan Kec. Tanjung Morawa. Journal of Social Responsibility Projects by Higher Education Forum, 3(2), 138–144. https://doi.org/10.47065/jrespro.v3i2.2796

Setiyorini, E. S., Noorachmat, B. P., & Syamsun, M. (2018). Strategi Pemasaran Produk Olahan Hasil Perikanan pada UMKM Cindy Group. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 13(1), 19. https://doi.org/10.29244/mikm.13.1.19-28

Setyorini, S., Minarsih, M. M., & Haryono, A. T. (2016). Pengaruh Return On Assets (ROA), Return On Equity (ROE), Dan Earning Per Share (EPS) terhadap Harga Saham Perusahaan Real Estate Di Bursa Efek Indonesia (Studi Kasus pada 20 Perusahaan Periode 2011-2015). Journal of Management, 2(2).

sofjan assauri. (1987). Manajemen Pemasaran. Rajagrafindo Persada.

Suwarni, E., & Handayani, M. A. (n.d.). Strategi Pengembangan Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah Keripik Pisang Dengan Pendekatan Business Model Kanvas: (Studi Kasus UMKM Arabar Shop di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung). In Journal Management (Vol. 19, Issue 3).

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran Edisi ke-3. Yogyakarta: Andi.

Winartha, I. M. (2006). Metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif. Yogyakarta: Gaha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v8i2.20680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 ipung dwiansyah, budi santoso, nursaidah nursaidah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Jl. Karimata No. 49 Sumbersari Jember (Gedung A Lantai 1 Universitas Muhammadiyah jember)

 

View My Stats