Analisis Keuntungan dan Pemasaran Usahatani Buah Naga Di Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi

Fefi Nurdiana Widjayanti

Abstract


Buah Naga adalah buah yang banyak dikembangkan di Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghitung keuntungan usaha tani buah naga menurut saluran pemasaran (2) Mengetahui berapa macam pola saluran pemasaran (3) Menganalisis besar biaya, keuntungan dan margin pemasaran dan (4) Mengetahui saluran pemasaran buah naga yang mempunyai efisiensi paling tinggi di Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi. Metode penelitian adalah kuantitatif dan survey, lokasi penelitian yaitu di Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi. Metode pengambilan sampel adalah Propotiontel sampling Teknik pengumpulan data menggunakan dengan metode Snowball sampling. Analisis data menggunakan analisis keuntungan, margin pemasaran dan farmer’s share. Hasil penelitian adalah: (1) rata – rata keuntungan usaha tani buah naga saluran pemasaran I Rp. 74.988.983 saluran pemasaran II Rp. 85.269.053 dan saluran pemasaran III Rp. 73.510.531, (2) terdapat 3 pola saluran pemasaran di Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi, SP I = Petani–Pedagang Pengecer (10%) SP II = Petani–Pedagang Pengepul – Pedagang Pengecer (22,50%) SP III = Petani - Pedagang Pengepul – Pedagang Besar – Pedagang Pengecer (67,50%). (3) keuntungan pemasaran: SP I = Grade A Rp. 1.484,-/kg, grade B Rp. 1.196,-/kg dan grade C Rp. 1.212,-/kg. SP II = Grade A sebesar Rp. 1.743,-/kg, grade B Rp. 1.442,-/kg dan grade C Rp. 1.000,-/kg. SP III = Grade A sebesar Rp. 2.848,-/kg, grade B Rp. 2.841,-/kg dan grade C Rp. 1.810,-/kg. (4) saluran pemasaran yang paling efisien untuk grade A yaitu saluran pemasaran II, dengan nilai farmer’s share sebesar 72,62%, untuk grade B dan C saluran I, dengan nilai farmer’s share sebesar 74,33% dan 67,54 %.


Keywords


Saluran pemasaran, keuntungan pemasaran, margin pemasaran, efisiensi pemasaran, farmer’s share

References


Departemen Pertanian. (2009). e-Agribisnis : Teori Dan Aplikasinya. 2007(Snati 2007).

Hardianzah, R. (2021). Analisis Tataniaga Buah Naga Di Desa Bulurejo Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwanngi. Universitas Jember.

Imang, Ndan, Juita, F., & Honestman, A. (2019). Analisis Usahatani Dan Pemasaran Buah Naga (Hylocereus Costaricensis) Di Desa Sanggulan Kecamatan Sebulu Kabupaten Kutai Kartanegara (Analysis Of Farming And Marketing Of Dragon Fruit (Hylocereus Costaricensis) In Sanggulan Village Sebulu Subregency Kutai. Jurnal Agribisnis Dan Komunikasi Pertanian (Journal of Agribusiness and Agricultural Communication), 2(2), 79. https://doi.org/10.35941/jakp.2.2.2019.2646.79-86

Kinanthi, W. . (2018). Analisis Pemasaran Usahatani Buah Naga Di Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyungwai. Universitas Muhammadiyah Jember.

Nuraini, I. (2017). Kualitas Pertumbuhan Ekonomi Daerah Kabupaten/Kota Di Jawa Timur. FEB Unikama, 79–93.

Zain, M. A. M. (2020). Analisis Biaya Dan Pendapatan Buah Naga Dengan Menggunakan Penyinaran Lampu Dan Konvensional Di Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi. Universitas Muhammadiyah Malang.




DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v8i2.20286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fefi Nurdiana Widjayanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Jl. Karimata No. 49 Sumbersari Jember (Gedung A Lantai 1 Universitas Muhammadiyah jember)

 

View My Stats