PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN BERBASIS BAURAN PEMASARAN
Ahmad Rifai, Nurul Qomariah, Budi Santoso
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pengaruh produk, harga, distribusi dan promosi terhadap volume penjualan secara simultan dan parsial pada pelanggan beras UD. Sri Jaya Lumajang. Teori yang dipakai pada penelitian ini adalah teori produk, teori harga, teori factor distribusi, teori promosi, dan teori volume penjualan. Penelitian dilakukan pada pelanggan beras UD. Sri Jaya. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode purposive sampling dengan sampel 75 orang. Adapun sifat dari penelitian adalah penjelasan (explanatory). Alat uji yang digunakan adalah regresi linier berganda, dengan perangkat lunak IBM versi 20.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk (0,026) harga (0,004) distribusi (0,029) dan promosi (0,006) berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan secara parsial, dan produk, harga, distribusi dan promosi berpengaruh signifikan terhadap volume penjualan secara simultan (0,000).
Keywords
produk, harga, distribusi, promosi dan volume penjualan