FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA

Achmad Taufik, M. Naely Azhad, Achmad Hasan Hafidzi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh toleransi akan resiko, kebabasan dalam bekerja, pendidikan kewirausahaan dan lingkungan terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan alat bantu berupa observasi, wawancara dan kuesioner terhadap 90 responden dengan teknik purpossive sampling, yang bertujuan untuk mengetahui persepsi responden terhadap masing-masing variabel. Analisis yang digunakan meliputi uji instrumen data (uji validitas, dan uji reliabilitas), analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas), dan uji hipotesis (uji F, uji t, koefisien determinasi). Dari hasil analisis menggunakan regresi dapat diketahui bahwa variabel toleransi akan resiko, kebabasan dalam bekerja, pendidikan kewirausahaan dan lingkungan, semuanya berpengaruh positif terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Dari uji t diperoleh hasil toleransi akan resiko, kebabasan dalam bekerja, pendidikan kewirausahaan dan lingkungan, semuanya berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa. Dari uji F diperoleh hasil toleransi akan resiko, kebabasan dalam bekerja, pendidikan kewirausahaan dan lingkungan, semuanya berpengaruh signifikan secara simultan terhadap minat berwirausaha mahasiswa.

Keywords


kewirausahaan, dan minat berwirausaha mahasiswa

Full Text:

PDF

References


BPS. 2013. Keadaan Ketenagakerjaan Februari 2013. Badan Pusat Statistik, Jakarta.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. BP Universitas Di Ponegoro, Semarang.

Johnson, B. 2008. Toward A Multidimensional Model of Entrepreneurship: The Case of Achievement Motivation and The Entre-preneur. Entrepreneurial Theory Practice, 14(3): 39–54.

Kuncoro, Mudrajat. 2009. Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi. Erlangga. Jakarta.

Mahesa, Aditya Dion. 2012. Analisis Faktor-Faktor Motivasi Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha (Studi Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang). Jurnal Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Napitulu, Ester Lince. 2009. Lulusan Perguruan Tinggi Hanya Berorientasi Jadi Pencari Kerja. Kompas.com. jakarta.

Nishanta, B. 2008. Influence of Personality Traits and Socio-demographic Background of Undergra-duate Students on Motivation for Entrepre-neurial Career: The Case of Srilanka. Paper was presented at the Euro-Asia Management Studies Association (EAMSA) Conference, Japan.

Nurrokhman, H. A. (2012, Maret 06). Dipetik Februari 10, 2014, dari http://edukasi.kompasiana.com/2012/03/06/pengertian-tujuan-dan-teori-kewirausahaan-materi-kuliah-444369.html

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Alfabeta. Bandung.

Suharti, L., & Sirine, H. 2011. Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Niat Kewirausahaan (Entrepreneurial Intention) (Studi Terhadap Mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 13 No.2 , 124-134.

Yohnson. 2009. Peranan Universitas dalam Memo-tivasi Sarjana Menjadi Young Entrepreneurs. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 5(2): 97-111.

Zimmerer, W.T. 2008. Essentials of Entrepreneurship and Small Business Management. Third Edition. New York: Prentice-Hall.

Zimmerer, Thomas W. dan Norman Scarborough, 2007. Pengantar Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis Kecil, Gramedia, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.32528/ipteks.v3i1.1881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Achmad Taufik, M. Naely Azhad, Achmad Hasan Hafidzi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Jl. Karimata No. 49 Sumbersari Jember (Gedung A Lantai 1 Universitas Muhammadiyah jember)

 

View My Stats